WABAH CORONA VIRUS (COVID-19) (Studi Pada Desa Pandansari Lor Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang)

  • Wandra Wandra Jurusan Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Islam Malang
  • Yaqub Cikusin Jurusan Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Islam Malang
  • Hayat Hayat Jurusan Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Islam Malang
Keywords: Covid-19, Upaya Pemerintah, Faktor Pendukung Dan Penghambat

Abstract

Penyebaran covid-19 semakin meningkat yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia dengan total kasus 1,26 juta jiwa terinveksi covid-19, 1,07 juta jiwa telah sembuh dan 34.152 jiwa meninggal dunia serta Covid-19 menjadi perhatian penting pada bidang medis, bukan hanya karena penyebarannya yang cepat dan berpotensi menyebabkan kolaps sistem kesehatan, tetapi juga karena beragamnya manife stasiklinispada pasien. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana Bagaimana peran pemerintah desa Pandansari lor dalam penanggulangan covid-19 serta faktor  pendukung dan penghambat pemerintah desa Pandansari lor dalam penanggulangan covid-19.

Metode penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ) upaya yang dilakukan pe merintah desa Pandansari Lor adalah membentuk satgas dan relawan, membuat peraturan wajib memakai masker, melakukan sosialisasi, himbau dan edukasi terkait dengan penyebaran Covid-19, (2) faktor pendukung penanggulang Covid-19 adalah sikap dari pemerintah desa dan masyarakat setempat dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 dan sarana dan prasarana yang ada di Desa Pandansari.

Berdasarkan penelitian dan pembahasan maka penulis mengajukan saran-saran sebagai berikut : keterbukaan dan dukungan masyarakat terhadap setiap program penangan Covid-19 serta dukungan dan kerjasama yang baik antara  lembaga pemerintah dan non pemerintah serta masyarakat setempat

References

[1] Abdullah. R. dan Muhammad. A. R.. Konsep Umum Pelaksanaan Publik. Jurnal Publik. Vol. 11. No. 01. Di ambil tanggal 19 April 2021.
[2] Ahmad. W. J., Sri. W. L. dan Setu. S.. 2017. Ibm di Desa Pandasari Kecamatan Poncokusumo Malang. Seminar Nasional dan Gelar Produk.
[3] Asih Setiawati.. 2018. Presepsi Mahasiswa terhadap Indikator Prinsip Pelayanan Publik dan Berbagai Kelemahan dalam Pelayanan Publik di Tujuh Perguruan Tinggi Indonesia. Jurnal Wacana Kerja. Vol. 21. No. 2. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Di ambil tanggal 11 Februari 2021.
[4] Darmin Tuwu., 2019. Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Pandemi Covid-19. Jurnal Publicuho. Vol. 3. No. 2. Di ambil pada tanggal 09 Februati 2021.
[5] Dian. F. A. dan Neneng. Y. Y.. 2016. Analisis Kebijakan Pemerintah Tentang Pengesahan dan Penangangan Korban Perdagangan (Trafficking) Permpuan dan Anak Di Kabupaten Cianjur. Jurnal Ilmu Pemerintah. Vol. 2. No.2.
[6] Dian. F. A.. dan Neneng. Y. Y.., 2016. Analisis Kebijakan Pemerintah Tentang Pencegahan dan Penanganan Korban Perdagangan (Trafficking) Perempuan dan Anak di Kabupaten Cianjur. Jurnal Ilmu Pemerintahan. Vol. 2. No. 2. Departemen Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Padjadjaran. Di ambil tanggal 11 Februari 2021.
[7] Ditha. P.. 2018. Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan dalam Pencarian Informasi Kesehatan. Jurnal Lontar. Vol. 6. No. 1. Di ambil tanggal 19 April 2021.
[8] Elfi Quyuni R., Moh Alimansur., 2020. Upaya Pencegahan dengan Kepatuhan dalam Pencegahan Penularan Covid-19 pada Relawan Covid. Jurnal Recode. No. 4. Vol. 1. Di ambil pada tanggal 08 Februari 2021. http://e-journal.unair.ac.id/JPHRECODE
[9] Faizal. M. M., Afifuddin. Dan Hayat. 2020. Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan dalam Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik (Studi Pelayanan KK, KTP/E-KTP dan Akta Kelahiran di Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Jurnal Respon Publik. Vol. 14. No. 3.
[10] Galuh. A. D. P., Yaqub C. dan Hayat. H.. 2020. Pelayanan Publik Keimigrasian Berbasis Good Governance (Studi Pada Pembuatan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas 1 Malang). Jurnal Respon Publik. Vol. 14. No. 1.
[11] Gerry. R. J. W.. 2020. Strategi Pemerintah Desa dalam Pencebahan Peyebaran Virus Corona (Covid-19) (Studi di Desa Mokobang Kecamatan Modoinding Kabupaten Minahasa Selatan).
[12] Hayat dan Laily. H.. 2017. Mengoptimalisasikan Pelayanan Pembuatan Akte Kelahiran. Jurnal Dialektika. Vol 2. No.1.
[13] Hayat. 2017. Manajemen Pelayanan Publik. PT Rajagrafindo Persada. Depok.
[14] Hayat. 2018. Kebijakan Publik. Intrans Publishing. Malang
[15] Hayat.. 2018. Kebijakan Publik. Universitas Muhammadiyah Malang. Intrans Publishing.
[16] Hendra. M.. 2016. Peran Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa. Di ambil pada tanggal 19 Februari 2021.
[17] Jeini. E. dan Ester. C. M.. 2020. Persepsi Mayarakat Tentang Pelaksanaaan Kebijakan Pemerintah Tentang Pencegahan Corona Virus Disease 2019 Di Kecamatan Tikala Kota Manado. Jurnal Of Public Health. Vol. 1. No. 1. Di ambil tanggal 19 April 2021.
[18] Kurnia. S. R., et. al.. 2016. Pengaruh Efektifitas Proses Bisnis Terhadap Kualitas Sistem Informasi Akutansi. Jurnal Riset Akutansi. Program Studi Akutansi Fakultas Ekonomi Universitas Komputer Indonesia. Vol. 8. No 2.
[19] Latifah. S., Mega. A. L., Tio. A. P., Grisna. N. M., dan Yoga. R. F.. 2020. Analisis Jurnal Keperawatan Gawat Darurat Tentang Pentingnya Pemeriksaan Penunjang CT-Scan untuk Pasien Covid-19 di Instalansi Gawat Darurat. Program Studi Profesi Ners Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal, Achmad Yani.
[20] Leo Agustino., 2020. Analysis Kebijakan Penanganan Wabah Covid-19; Pengalaman Indonesia. Jurnal Borneo Administrator. Vol. 16. No. 2. Di ambil pada tanggal 08 Februari 2021. http://samarinda.lan.go.id/jba
[21] Marya Y. S., Angga S. R., dan Puguh P.. 2020. Inisiatif Masyarakat Indonesia di Masa Awal Pandemi Covid-19: Sebuah Upaya Pembangunan Kesehatan. Jurnal Kependudukan Indonesia. 33-38. Di ambil pada tanggal 09 Februari 2021.
[22] Mufida.. S., Cempaka.. T., Suryanto.. D.. W.. 2020. Strategi Pemerintah Indonesia dalam Menangani Wabah Covid-19 Dari Perspektif Ekonomi. Jurnal Politik Indonesia dan Global. Vol. 1. No. 2. Di ambil tanggal 08 Februari 2021.
[23] Nopriadi. S., Hayat. Dan Hesty. A.. 2020. Menelaah Efektivitas Bekerja- Dari Rumah; Pengalaman Indonesia Mendadak Virtual Work Semasa Covid-19. Universitas Bina Nusantara, Universitas Islam Malang, STMIK Indonesia. Vol. 50. Halaman 47-72. Di ambil tanggal 31 Maret 2021.
[24] Nur. A. dan Hayat. H. 2019. Evaluasi Kinerja Pegawai untuk Mewujudkan Pelayanan Publik dalam Prespektif Good Governance. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik. Vol. 1. No. 1.
[25] Rina Tri. H., Dewi A., Aquartuti T. D., dan Aris. W.. 2020. Pandemi Covid-19, Respon Imun Tubuh, dan Herd Immunity. Jurnal Ilmiah Permas : Jurnal Ilmiah STIKES Kendal. Vol. 10. No. 3. Di ambil pada tanggal 16 Februari 2021.
[26] Rita. Yuningsih.. 2016. Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli di Kota Palu. Jurnal Katalogis. Vol. 4. No. 8. Program Studi Magister Adiministrasi Publik Pascasarjana Universitas Tadulako. Di ambil tanggal 11 Februari 2021.
[27] Rizki. A. C.. dan Hafied. C.., 2011. Kebijakan Pemerintah Republik Indonesia dalam Mengatasi Situs Porno pada Media Maya Studi Peran Departemen Komunikasi dan Informasi RI dalam Penyusunan Kebijkan Komunikasi. Jurnal Komunikasi KAREBA. Vol. 1. No. 3. Universitas Hasanuddin. Di ambil tanggal 11 Februari 2021.
[28] Tuwu Darmin.. 2019. Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Pandemi COVID-19. Jurnal Publicuho. Vol. 3. No. 2. Di ambil tanggal 08 Februari 2021.
[29] Yuliana. N. dan Deiby. C. T.. 2019. Peran Pemerintah Desa dalam Pembangunan (Studi Kasus di Desa Laba Besar, Kecamatan Loloda Selatan).
Published
2021-10-22
How to Cite
Wandra, W., Cikusin, Y., & Hayat, H. (2021). WABAH CORONA VIRUS (COVID-19) (Studi Pada Desa Pandansari Lor Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang). Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5), 1627-1634. https://doi.org/10.47492/jip.v2i5.946
Section
Articles