PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI ANAK SEKOLAH DASAR

  • Septiana Sahar Universitas Muria Kudus
  • Deka Setiawan Universitas Muria Kudus
  • Ika Oktavianti Universitas Muria Kudus
Keywords: Nilai-Nilai Pancasila, Keadilan Sosial.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penanaman nilai-nilai Pancasila berdasarka bunyi sila kelima, mengetahui sikap keadilan anak sekolah dasar dalam kehidupan sehari-hari, mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila serta mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari siswa di Dukuh Godang RW 09 pada tahun ajaran 2020/2021. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai sia ke lima Pancasila dalam kehidupan sehari-hari anak di Dukuh Godang RW 09 dilakukan dengan cara orang tua memberikan contoh mengenai sikap sopan santu terhadap orang yang lebih tua, saling tolong menolong dan membantu sesama. Implementasi nila sila kelima Pancasila ditunjukkan dengan tidak membeda-bedakan orang lain, orang tua mengingatkan anaknya untuk melakukan ibadah, dan mengajari anak untuk berbuat baik terhadap orang lain. Faktor yang mempengaruhi anak dalam mengaktualisasikan nilai sila kelima Pancasila yaitu orang tua mengingatkan anak untuk membantu pekerjaan orang tua di rumah seperti menyapu lantai dan memasak, mengingatkan anak untuk tidak  berbicara kata yang kasar dengan orang tua, dan mengingatkan anak untuk tidak bermalas-malasan ketika berada di rumah. Anak di Dukuh Godang RW 09 sudah menerapkan nilai sila kelima Pancasila, di tunjukkan dengan menghargai orang lain, saling bergotong royong dan membantu sesama. Bagi orang tua hendaknya lebih memberikan arahan kepada anak untuk lebih memahami nilai Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia .

References

[1] Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Siswa di Era Globalisasi. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol 4 No 2.
[2] Antari, L. P. S., & De Liska, L. (2020). Implementasi Nilai Nilai Pancasila Dalam Penguatan Karakter Bangsa. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 21(2), 676-687.
[3] Bertens. (2002). Etika. Jakarta: gramedia Pustaka Utama.
[4] Moleong, L. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Ofiset.
[5] Rahman, A., & Muhibbin, A. (2017). Implementasi Nilai “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia” di Masyarakat Desa Meranti (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Published
2021-10-03
How to Cite
Sahar, S., Setiawan, D., & Oktavianti, I. (2021). PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI ANAK SEKOLAH DASAR. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5), 1507-1512. https://doi.org/10.47492/jip.v2i5.928
Section
Articles