PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KOMPETENSI APARATUR TERHADAP KINERJA APARAT DI LINGKUNGAN PEMKOT ADMINISTRASI JAKARTA BARAT

  • Faradisa Saforda Basuni Institut Pemerintahan Dalam Negeri
Keywords: Komunikasi interpersonal, kompetensi, kinerja.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Komunikasi Interpersonal dan Kompetensi Aparatur berpengaruh Terhadap Kinerja Aparat di Sekretariat Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan tiga variabel, yaitu Variabel Komunikasi Interpersonal (X1), variabel Kompetensi (X2) dan variabel Kinerja (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini meliputi data sekunder. Teknik pengambilan data adalah penyebaran kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Komunikasi Interpersonal (X1) memiliki pengaruh secara parsial terhadap variabel Kinerja (Y) Aparat. Variabel Kompetensi (X2) memiliki pengaruh secara parsial terhadap variabel Kinerja (Y) Aparat. Variabel Komunikasi Interpersonal (X1) dan variabel Kompetensi (X2) secara simultan berpengaruh terhadap variabel Kinerja (Y) Aparat di Kota Administrasi Jakarta Barat.Diperlukan peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan masing-masing Aparat Di Lingkungan Sekretariat Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat, agar memungkinkan menjalankan tugas dan tanggung jawab secara efektif dan efisien sehingga dapat mencapai standar kualitas profesional yang baik dalam bekerja. Dan juga, meningkatkan komunikasi antar aparat untuk menciptakan komunikasi yang efektif dan mempererat hubungan kerjasama antar aparat Di Lingkungan Sekretariat Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat.

References

[1] Amstrong, Michael. (1996), A Handbook of Personal Management Practise, England Ltd St, Ives. Pic
[2] Arikunto, S. (1997), Prosedur Penelitian – Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cita.
[3] Bangun, Wilson. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga
[4] Dahyar Daraba (2018), Reformasi Birokrasi Pelayanan Publik, Penerbit Leisyah
[5] Dharma, Surya (2002). Paradigma Baru MSDM, Yogyakarta, Aman Bokks,
[6] Edison, Emron, (2016), Manajemen Sumber Daya Manusia, (Stategi dan Perubahan dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Organisasi), Jakarta, Alfabeta.
[7] Effendy, Uchjana Onong. (2006) Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung, Citra Aditya Bakti.
[8] Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.Edisi 3. Semarang, Universitas Diponegoro
[9] Hamme dan Prahalad. (1990) Competence For The Future, Harvard *Business Scholl press Boston, Massechuseths
[10] Irawan, Prasetya. (1999), Logika dan Prosedur Penelitian, Jakarta, STIA LAN Press
[11] -------, Prasetya. (2000), Penelitian Sosial Jakarta, STIA LAN Press
[12] Moeheriono. (2011), Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi,Jakarta, Ghalia Indonesia
[13] ..............., (2014), Perencanaan, Aplikasi dan Pengembangan : Indikator Kinerja Utama (IKU), Bisnis dan Publik, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.
[14] Mathis, R. L dan Jackson J.H. (2006), Manajemen Sumber daya Manusia, Salemba empat, Jakarta.
[15] Mangkunegara, AA. Anwar Prabu. (2014), Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.
[16] Mintorogo. (1997), Kepemimpinan Dalam Organisasi, Jakarta, LAN RI
[17] Mintrani, Alaian et.al. (1995), Manajemen Sumber Daya Manusia Berdasarkan Kompetensi, Jakarta, PT. Inkranasi.
[18] Nurgiyantoro, Burhan, (2002). Statistik Terapan, Yogyakarta, Gadjah Mada University Press
[19] Kusmayadi. (2004). Statistika Pariwisata Deskriptif. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
[20] Kuswadi dan Mutiara Erna. (2004), Delapan Langkah dan Tujuh Alat Statistika Untuk Peningkatan Mutu Berbasis Komputer. Jakarta : PT. Alex Media Komputindo.
[21] Payaman J. Simanjuntak. (2011). Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
[22] Parulian Hutapea & Nurianna Thoha. (2008), Kompetensi Plus, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
[23] Priansa, Suwatno, Donni. (2016), Manajemen Sumber Daya Manusia dalam organisasi Publik dan Swasta.Bandung: Alfabeta
[24] Rivai, Veitzal, Ahmad Fawzi Moh. Basri. (2010), PERFORMANCE APPRAISAL, Sistem yang tepat untuk menilai kinerja karyawan dan meningkatkan daya saing perusahaan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
[25] Ridwan. (2005), Metode & Teknik Menyusun Tesis, Bandung : Alfabeta
[26] Robins, Stephen P. (1996), Organizational Behavior, Concept, Controversies and aplication, Seventh Ed, San Diego, Hall Int
[27] ------------------------, (1996), Prilaku Organisasi : Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Jilid 1 & 2 (Edisi Bahasa Indonesia) PT. Prehallindo, Jakarta
[28] Sedarmayanti. (2016), Budaya Organisasi Manajemen Sumber Daya Manusia (Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil), Bandung, PT. Refika Aditama
[29] Sedarmayanti. (2010). Sumber Daya Manusia dan Produktiditas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju
[30] -------------, (2007), Sumber Daya Manusia dan Produktiditas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju
[31] Sekaran, Uma. (2003). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis.
[32] Singgih Santoso. (2005), Statistik Nonparametrik untuk ilmu-ilmu Sosial, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta
[33] Singarimbun, Masri. (2006), Metode Penelititan Survei. LP3S, Jakarta.
[34] Sudarmanto. (2018), Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM, (teori, Dimensi Pengukuran, dan Implementasi dalam Organisasi), Pustaka Pelajar , Yogyakarta
[35] Sugiyono. (2014), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung; CV. Alfabeta.
[36] -------, (2007), Metodologi Penelitian Administrasi, Bandung, Alfabeta
[37] Susilo Martoyo. (2012) Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: BPFE,
[38] Supranto, J. (1997), Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Penerbit: Bineka Cipta, Jakarta
[39] Suparman. (2011), Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : MIPA UAD Press
[40] Spencer. (1994), The Competency Handbook, Valume 1 & 2, Boston, Linkage
[41] Thomas J. Stanley, Ph.D, penulis buku Millionaire Mind (Internet)
[42] Wibowo. (2016), Manajemen Kinerja, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.
[43] ---------, (2007), Manajemen Kinerja, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.
[44] Umi Narimawati. (2010), Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Teori dan Aplikasi, Bandung: Alfabeta
[45] Umar, Husein. (2002), “Metodologi Penelitian”, Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Published
2021-10-03
How to Cite
Basuni, F. (2021). PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KOMPETENSI APARATUR TERHADAP KINERJA APARAT DI LINGKUNGAN PEMKOT ADMINISTRASI JAKARTA BARAT. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5), 1497-1506. https://doi.org/10.47492/jip.v2i5.927
Section
Articles