KEMANDIRIAN BELAJAR DARING MELALUI WHATSAPP SISWA SD DI DESA SIDIGEDE KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Yani Rahim Universitas Muria Kudus
  • Fina Fakhriyah Universitas Muria Kudus
  • Erik Aditia Ismaya Universitas Muria Kudus
Keywords: Kemandirian, Pembelajaran Daring, Aplikasi Whatsapp

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi beberapa anak di Desa Sidigede masih kurang mandiri dalam menyelesaikan tugas di masa pandemi Covid-19 ini. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemandirian belajar daring melalui aplikasi whatsapp siswa SD di Desa Sidigede Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara di masa pandemi Covid-19, (2) Mendeskripsikan peran orang tua untuk mengatasi belajar anak di Desa Sidigede Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan analisis secara deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sidigede Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara. Objek yang akan diteliti adalah kemandirian belajar daring melalui aplikasi whatsapp siswa sekolah dasar di Desa Sidigede Kecamatan Kabupaten Jepara pada masa pandemi Covid-19. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan pencatatan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan empat dari enam orang siswa di Desa Sidigede Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara diketahui masih rendah dalam kemandirian belajarnya ini menunjukkan bahwa para siswa belum cukup siap untuk belajar secara daring, penyebabnya adalah karena kebiasaan belajar. Sedangkan 2 siswa lainnya mampu dikatakan baik dalam kemandirian belajarnya.

References

[1] Aliyyah, R. R., Puteri, F. A., & Kurniawati, A. (2017). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 126-143.
[2] Arikunto, S. (2014). Metode penelitian kuantitatif dan kombinasi. Bandung: Alfabeta.
[3] Astita, Wida. 2016. Peran Orang Tua Dalam Mendidik Akhlak Anak Di Desa
Bangun Jaya Kecamatan Sungkai Utara Lampung Utara. Lampung
Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Raden Intan.
[4] Bakhtiar, B. (2017). Upaya guru dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa di SD Negeri 22 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).
[5] Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA
[6] Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan. Bandung: CV Pustaka Setia.
[7] Heriyani. 2010. Peran Orang Tua dalam Membimbing Belajar Anak Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV MI Ma‟arif Banjarparakan Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2009/2010. Purwokerto: Jurusan Pendidikan Agama Islam STAIN Purwokerto.
[8] Holstein, Herman. 1984. Murid Belajar Mandiri. Bandung: Remadja Karya.
[9] Ni'mah. 2016. Peranan Orang Tua Dalam Membimbing Anak Untuk Melaksanakan Sholat Lima Waktu Di Lingkungan Pasar Kahayan Palangka Raya (Studi Terhadap Lima Kepala Keluarga yang Berprofesi sebagai Pedagang). Palangka Raya: Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Palangka Raya.
[10] Rafika, Israwati, Bachtiar. 2017. Upaya Guru Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa Di SD Negeri 22 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2 (1), 115-123.
[11] Rahmawati, D. (2016). Hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa SD Negeri Purwoyoso 06 Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
[12] Sa’diyah, R. 2017. Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31-46.
[13] Salina , E., & Thamrin, M. (2014). Faktor-faktor penyebab anak menjadi tidak mandiri pada usia 5-6 tahun di Raudatul Athfal Babussalam. Jurnal pendidikan dan pembelajaran, 3(6).
[14] Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
[15] Suid, A. S. (2017). Analisis Kemandirian Siswa dalam Proses Pembelajaran di Kelas III SD Negeri Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 1(5), 70-81.
[16] Suryo, S. B. (2008). Proses belajar mengajar di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
[17] Tresnaningsih, F., Santi, D. P. D., & Suminarsih, E. 2019. Kemandirian Belajar Siswa kelas III SDN Karang Jalak I dalam Pembelajaran Tematik. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(2).
[18] Utomo, J. 2007. Membangun Diri. Jakarta: Gramedia.
[19] Valeza, Alsi Rizka. 2017. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak di Perum Tanjung Raya Permai Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung. Lampung: Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam UIN Raden Intan Lampung.
Published
2021-10-03
How to Cite
Rahim, Y., Fakhriyah, F., & Ismaya, E. (2021). KEMANDIRIAN BELAJAR DARING MELALUI WHATSAPP SISWA SD DI DESA SIDIGEDE KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5), 1397-1402. https://doi.org/10.47492/jip.v2i5.918
Section
Articles