PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS V SD TAMBAHAGUNG 01 PATI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah memahami bentuk dan dampak peran keluarga dalam dalam pembelajaran daring. Orang tua merupakan guru pertama bagi anak sebelum masuk ke jenjang pendidikan dasar. Bentuk pengasuhan terhadap anak tentu mempengaruhi perilaku anak sehari-hari. Ada tiga bentuk peran orang tua yang meliputi otoriter, demokratis dan permisif. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan secara online tidak tatap muka langsung namun dengan bantuan gadget. Jenis penelitian ini dalah kualitatif diskriptif dengan subyek penelitian siswa kelas V SD Tambahagung. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan temuan penelitian empat subjek menggunakan peran demokratis. Tiga subjek menggunakan peran permisif serta seorang subjek yang menggunakan peran otoriter. Pembentukan peran orang tua dipengaruhi oleh pekerjaan dan tingkat pendidikan. Sementara itu hasil peran orang tua dalam pembelajaran daring diantaranya lima subjek berperan dalam aktivitas pembelajaran daring anak dan tiga orang tua tidak berperan dalam aktivitas belajar.
References
[2] Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102-122.
[3] Cahyati Nika, Kusumah. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 04 (1) 152-159
[4] Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran Paud. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
[5] Indriyani. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar di Pulau Rona Kecamatan Bangkinang. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 3 (1) 90-96
[6] Novrinda. (2017). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Potensia 3 (1)
[7] Nurhasanah R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19 Pada Kelompok B.5 Tk Kemala Bhayangkari Bone. Jurnal Educhild, 2 (2) 58-67
[8] Nurlina. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Kepribadian Anak di Era Digital. Jurnal Study Gender dan Anak, 12 (1) 549-559
[9] Vitasari W. 2021. Komunikasi Guru Dengan Siswa Membangun Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pigur, 2 (1)
Copyright (c) 2021 Jurnal Inovasi Penelitian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.