PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SEKRETARIAT JENDERALKEMENTERIAN DALAM NEGERI

  • Ahmad Suharmanto Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Jakarta
Keywords: Kepemimpinan, Iklim Organisasi, Kinerja Pegawai

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh Biro Administrasi Pimpinan, Sekretariat Jenderal Kemendagri RI adalah penurunan kinerja pegawai yang diduga penyebabnya karena adanya pergantian pimpinan sehingga mengakibatkan berubahnya iklim organisasi. Kinerja pegawai dipengaruhi oleh lingkungan kerja, yaitu kepemimpinan dan iklim organisasi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja pegawai, iklim organisasi terhadap kinerja pegawai, serta kepemimpinan dan iklim organisasi terhadap kinerja pegawai di Lingkungan Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Jenderal Kemendagri. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Responden penelitian diambil dari populasi pegawai yang ada di Biro Administrasi Pimpinan sebanyak 94 orang. Pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling, yaitu sampel jenuh. Hasil analisis memberikan kesimpulan yang menjawab pertanyaan pertama bahwa kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai sebesar 32%. Menjawab pertanyaan kedua Iklim Organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai sebesar 31%. Menjawab pertanyaan ketiga bahwa Kepemimpinan dan Iklim Organisasi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai dengan nilai koefisien korelasi product moment sebesar 0,441 yang termasuk dalam kategori sedang dan mempunyai hubungan yang positif. Koefisien determinasi sebesar 44%. Jadi, pengaruh kepemimpinan dan iklim organisasi terhadap kinerja pegawai di lingkungan Biro Administrasi Pimpinan sebesar 44%. Peneliti menyarankan kepemimpinan yang baik dari para pimpinan dan pegawai harus benar-benar menciptakan iklim organisasi yang nyaman di tempat kerja. Selain itu, dilakukan pendekatan dari pimpinan secara langsung yang sifatnya membina sehingga pegawai merasa lebih dihargai dan diperhatikan agar pencapaian kinerja pegawai yang semakin baik dan tentunya untuk pencapaian tujuan organisasi

References

[1] Abidin, Yusuf Zainal. 2016. Komunikasi Pemerintahan: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Pustaka Setia.
[2] Azwar, Saifuddin. 2017. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[3] Creswell, John W. 2009. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Third Edition. California: SAGE Publications.
[4] Eka, Nuraini Rachmawati. 2004. Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: FE UI.
[5] Faisal, Sanapiah. 2010. Format-Format Penelitian Sosial. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
[6] Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.Marwansyah.
[7] Hartati dan Yasri. 2014. Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi, dan Iklim Organisasi terhadap Motivasi Kerja Pegawai Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Padang Panjang.
[8] Hasan, Erliana. 2011. Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian Ilmu Pemerintahan. Bandung: Ghalia Indonesia.
[9] Hasibuan, Malayu S.P. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
[10] Indriyani, Murni. 2005. Gaya Kepemimpinan, Kepuasan Kerja, dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Tesis. Program Magister Manajemen Universitas Hasanuddin.
[11] Jamaludin. 2017. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan pada PT Kaho Indahcitra Garment Jakarta”. Journal of Applied Business and Economics Vol. 3 No. 3 (Mar 2017). hlm. 161—169.
[12] Liliweri, Alo. 2014. Sosiologi dan Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
[13] Martono, Nanang. Metode Penelitian Sosial: Konsep-Konsep Kunci. Jakarta: Rajawali Pers.
[14] Media, La. 2013. Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Pegawai Kantor X. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO), 2—4 Desember 2013.
[15] Marini, Ni Putu, I Made Sumada, dan A.A. Rai Sita Laksmi. 2017. Pengaruh Kepemimpinan, Iklim Organisasi, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Wira Medika Bali. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik.
[16] Mumayyizah. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Iklim Organisasi terhadap Peningkatan Kinerja Guru dan Karyawan. E-Jurnal LPPM Universitas Gresik, Vol. 2 No. 1 (2016).
[17] Nicko Achmad Pradityo, Rodhiyah, dan Suryadi. “Pengaruh Kepemimpinan dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Karyawan PT Telkom Indonesia Semarang”. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis FISIP Universitas Diponegoro. Vol. 1 No. 6, 2013.
[18] Pace, R. Wayne dan Don F. Faules. 1998. Organizational Communications. Third Edition. New Jersey: Prentice-Hall.
[19] Pasolong, Harbani. 2013. Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: Alfabeta.
[20] Rivai. 2005. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.
[21] Ruliana, Poppy. 2014. Komunikasi Organisasi: Teori dan Studi Kasus. Jakarta: Rajawali Pres.
[22] Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.
[23] Siagian, Sondang P. 2003. Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.
[24] Siagian, Dergibson dan Sugiarto. 2006. Metode Statistika Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
[25] Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[26] Thoha. Miftah. 2004. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
[27] Thoha, Miftah. 2016. Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
[28] Umar, Husein. 2002. Metode Riset Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
[29] Uno, Hamzah B. dan Nina Lamatenggo. 2012. Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
[30] Sambas, Djamaluddin. 2008. Pengaruh Kompetensi dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Staf di Unit Penunjang Medik Rumah Sakit Umum Pusat H. Adam Malik Medan. Tesis. Sekolah Pascasarjana. Universitas Sumatra Utara, Medan.
[31] Shobari. 2010. Pengaruh Preferensi Gaya Kepemimpinan dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Badan Layanan Umum di Surakarta. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.
[32] Suarni. 2016. Pengaruh Kepemimpinan dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Morowali. e-Jurnal Katalogis, Volume 4 Nomor 8, Agustus 2016, halaman 126—132.
[33] Yehezkiel, Masjaya, dan Rosa Anggraeiny, “Pengaruh Kepemimpinan dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Pegawai pada UPTD Pengembangan Produktivitas Daerah Disnakertrans Provinsi Kalimantan Selatan”. eJournal Administrative Reform. Vol. 1 No. 3, 2013, hlm. 680.
Published
2021-10-03
How to Cite
Suharmanto, A. (2021). PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SEKRETARIAT JENDERALKEMENTERIAN DALAM NEGERI. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5), 1403-1412. https://doi.org/10.47492/jip.v2i5.914
Section
Articles