PEMBERDAYAAN ANGGOTA KELOMPOK TANI MELALUI PEMANFAATAN JERAMI PADI SEBAGAI PUPUK BOKASHI DI KECAMATAN PURBARATU KOTA TASIKMALAYA

  • Dessy Sulastri Jurusan Pertanian, Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor
  • Muhammad Tassim Billah Jurusan Pertanian, Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor
  • Dedy Kusnadi Jurusan Pertanian, Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor
Keywords: Pemberdayaan Jerami, Pupuk Bokashi

Abstract

Penggunaan pupuk organik dapat menjaga kesuburan tanah sehingga produktivitas padi akan meningkat serta selaras dengan sistem pertanian berkelanjutan. Jerami padi mengandung bahan organik yang baik untuk kesuburan tanah, maka dapat dijadikan salah satu bahwa pupuk organik salah satunya pupuk bokashi. Petani dikatakan mandiri jika dapat memanfaatkan sumberdaya yang tersedia secara optimal. Sebagaian petani di Kelurahan Singkup masih dikatakan kurang mandiri dalam pengolah jerami menjadi pupuk bokashi sehingga produktivitastidak meningkat. Tujuan dan penelitian ini utuk mengukur sejauhmana pemberdayaan anggota kelompok tani dalam pemanfaatkan jerami sebagai pupuk bokashi serta faktor-faktor yang mempengaruhinnya. Penelitian ini menunjukkan pemberdayaan anggota kelompok tani berada pada katagori sedang dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menunjukkan pemberdayaan anggota kelompok tani berada pada katakogi sedang dan faktor- faktor yang menpengaruhi pemberdayaan anggota kelompok tadi diantaranya adalah (1) lama berusahatani, (2) pemilihan media penyuluhan, (3) akses informasi terhadap penyuluh pertanian.

References

[1] Alam N. 2010. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Petani Kakao dalam Pemberdayaan Inovasi Teknologi Sistem Usahatani Intensifikasi dan Diversifikasi. Institut Pertanian Bogor.
[2] Al Arifa NS. 2017. Harmonisasi Kepemimpinan di Kabupaten Wonosobo dalam Kebijakan Pembangunan Pertanian Berkelanjutan. 6.
[3] Aminudin, 2014. Tingkat Pemberdayaan Anggota Kelompok Tani Dalam Pengambilan Keputusan Usahatani Tanaman Pangan. Di Kabupaten Bogor. Tesis. Bogor : Institut Pertanian Bogor.
[4] Arafah. 2009 Pedoman Teknis Perbaikan Kesuburan Lahan Sawah Berbasis Jerami. Jakarta: PT. Gramedia.
[5] Arikunto S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
[6] Azwar, S. 2012. Reliabilitas dan validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[7] BPS Badan Pusat Statistik. Kota Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat Dalam Angka 2018. 2018
[8] Badan Ketahanan Pangan Dan Penyuluh Pertanian. 2009. Budidaya Tanaman Padi. Nanggroe Aceh Darussalam : BPTP.
[9] Badan Pusat Statistik. 2013. Tentang Produksi Padi Nasional.
Published
2021-08-30
How to Cite
Sulastri, D., Billah, M., & Kusnadi, D. (2021). PEMBERDAYAAN ANGGOTA KELOMPOK TANI MELALUI PEMANFAATAN JERAMI PADI SEBAGAI PUPUK BOKASHI DI KECAMATAN PURBARATU KOTA TASIKMALAYA. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(4), 1287-1298. https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.845
Section
Articles