APLIKASI REKRUTMEN SATPAM DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT BERBASIS ANDROID DI YAYASAN PERISAI JAYA MANDIRI

  • Sandi Sopian Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Rizal Rachman Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
Keywords: Rekrutmen Satpam, Metode Weighted Product, Aplikasi Android, Sistem Penunjang Keputusan.

Abstract

Prinsip orang yang tepat di tempat yang tepat sangat penting, artinya bahwa penempatan setiap orang di perusahaan perlu didasarkan pada kemampuan, keahlian, pengalaman, serta pendidikan yang dimilikinya. Dibutuhkan proses rekrutmen karyawan untuk mendapatkan anggota baru yang berkualitas. Yayasan Perisai Jaya Mandiri merupakan suatu lembaga alih daya yang dikenal sebagai penyedia jasa tenaga kerja. Perusahaan ini menyediakan jenis pekerjaan yang sesuai dengan permintaan dari mitranya yang khusus pada pekerjaan satpam. Perusahaan sebagai penyedia lapangan kerja perlu memiliki kriteria yang cocok terhadap penilaian para calon pelamar sebagai prosedur dalam melamar pekerjaan. Akan tetapi terdapat permasalahan yang dihadapi, penginputan data rekrutmen masih belum terstruktur dan masih dengan cara sederhana. Sehingga perlunya perbandingan data untuk calon pelamar dalam tahap wawancara, serta penataan berkas supaya tertata dengan rapih. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi rekutmen satpam dengan metode Weight Product (WP) berbasis android di Yayasan Perisai Jaya Mandiri. Hasilnya, aplikasi penunjang keputusan yang diusulkan membantu dalam merekrut penerimaan dan pendataan anggota satpam baru. Aplikasi rekutmen satpam dengan metode Weighted Product berhasil dibuat menggunakan pemrograman Android dan database SQLite yang mempermudah rekrutmen anggota satpam karena dipasang pada perangkat bergerak.

References

[1] Banjarnahor, J., Wenardy, W., & Pasaribu T. b. (2017). Penerapan Metode Profile Matching dalam Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan. KALIMALANG.
[2] Listiyoko, L., Wulandari, S. N., Ardi, R. A., & Surya, P. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Rekrutmen Berbasis Web Dengan Metode Weighted Product ( Wp) Studi Kasus Pt. Tung Mung Tangerang. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 2302–3805.
[3] Mauliana, P., Wiguna, W., & Widyaman, D. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Pramuniaga Toserba Yogya Ciwalk Menggunakan Metode Weighted Product. Jurnal Infotronik, 3(2548–1932).
[4] Nofriansyah, D., & Defit, S. (2017). Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan. Deepublish.
[5] Sapruwan, M. (2020). Dalam, Penerapan Metode Weighted Product Perusahaan, Proses Seleksi Calon Karyawan Di Sawit, Perkebunan Kelapa No Title. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 01(2716–0238).
[6] Turnip, M., Wenardy, J., Laia, Y., Purba, W., & Dharma, A. (2018). Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan dengan Menggunakan Metode Weighted Product. Junal Sistem Informasi Ilmu Komputer Prima, 01(2580–2879).
Published
2021-08-30
How to Cite
Sopian, S., & Rachman, R. (2021). APLIKASI REKRUTMEN SATPAM DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT BERBASIS ANDROID DI YAYASAN PERISAI JAYA MANDIRI. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(4), 1229-1234. https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.841
Section
Articles