ANALISIS PERILAKU PENGGUNA AKUN KEDUA DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

  • I Putu Hendika Permana STIMIK STIKOM Indonesia, Universitas Teknologi Indonesia
  • I Dewa Made Sutedja STIMIK STIKOM Indonesia, Universitas Teknologi Indonesia
Keywords: Fitur Banyak Akun, Instagram Akun Kedua, Media Sosial Instagram, Perilaku Pengguna Di Media Sosial Instagram, Perilaku Konsumen

Abstract

Media sosial saat ini telah berkembang dengan pesat, salah satu aplikasi sosial media yang populer dan sering digunakan adalah Instagram. Hampir semua pengguna media sosial memiliki aplikasi Instagram pada smartphone yang dimiliki. Instagram menyediakan berbagai jenis fitur, salah satunya yaitu fitur multiple account. Fitur Multiple Account memiliki kegunaan untuk dapat memiliki akun Instagram lebih dari satu akun. Saat ini banyak pengguna Instagram yang memanfaatkan fitur Multiple Account. Penelitian ini menggunakan metode penelitan kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan data dikumpulkan melalui survei online dengan google form. Tujuan dari penelitian ini yaitu menemukan alasan-alasan yang menjadi alasan utama pengguna Instagram untuk membuat Second Account. Alasan-alasan tersebut yang nantinya akan diakumulasikan sehingga menjadi master data. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 15 data alasan yang menjadi alasan utama pengguna Instagram membuat Second Account pada sosial medianya. 15 data alasan tersebut diantaranya yaitu, memposting konten secara bebas denga jumlah yang lebih banyak, memantau akun Instagram seseorang, membuat akun Instagram yang lebih tertutup (privacy), membagikan kegiatan yang hanya dapat dilihat oleh teman terdekat dan orang tertentu, mengikuti akun Instagram online shop, memisahkan postingan pribadi dengan postingan professional, supaya memiliki lebih dari satu akun Instagram, menyembunyikan identitas asli sehingga dapat dengan bebas memposting suatu konten, akun uji coba posting feed sebelum memposting pada akun utama,lebih leluasa mengekspresikan diri pada akun kedua,mempromosikan produk atau jasa yang dijual, menemukan teman baru diluar akun utama, memiliki jumlah pengikut yang lebih sedikit sehingga mampu memperkecil circle pertemanan, menambah jumlah likes pada postingan dan menambah jumlah pengikut pada akun utama, menjadikan akun kedua sebagai akun cadangan jika akun pertama mengalami gangguan atau bermasalah.

References

[1] Anon. n.d. “DRAMATURGI DALAM MEDIA SOSIAL: SECOND ACCOUNT DI INSTAGRAM SEBAGAI ALTER EGO | Dewi | Jurnal Ilmu Komunikasi.” Retrieved March 2, 2021a (https://jkms.ejournal.unri.ac.id/index.php/JKMS/article/view/5671).
[2] Anon. n.d. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTU INSTAGRAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 SURAKARTA | Utami | BIO-PEDAGOGI.” Retrieved March 2, 2021b (https://jurnal.uns.ac.id/pdg/article/view/5364).
[3] Cahya Sakti, Bulan, and Much Yulianto Jurusan Ilmu Komunikasi. 2018. PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PEMBENTUKAN IDENTITAS DIRI REMAJA. Vol. 6. Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Diponegoro.
[4] Idaman, Nur, and Woro Harkandi Kencana. n.d. “Identitas Virtual Remaja Pada Media Sosial Instagram.” 5(1):20–28.
[5] Innova, Eureka Intan. 2016. “Motif Dan Kepuasan Pengguna Instagram Di Komunitas Instameet Indonesia.” Jurnal E-Komunikasi 4(1):1–11.
[6] Kang, Jin, and Lewen Wei. 2020. “Let Me Be at My Funniest: Instagram Users’ Motivations for Using Finsta (a.k.a., Fake Instagram).” Social Science Journal 57(1):58–71. doi: 10.1016/j.soscij.2018.12.005.
[7] Khairun, Deasy Yunika, Ibrahim Al Hakim, and Penta Aruna Rusadi. 2019. “Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling.” Quanta 3(1):9–19. doi: 10.22460/q.v1i1p1-10.497.
[8] Prihantoro, Edy, Karin Paula, Iasha Damintana, Noviawan Rasyid Ohorella, and Magister Ilmu Komunikasi. 2020. “Self Disclosure Generasi Milenial Melalui Second Account Instagram.” 18(3):312–23. doi: 10.31315/jik.v18i3.3919.
[9] Putri, Wilga Secsio Ratsja, Nunung Nurwati, and Meilanny Budiarti S. 2016. “PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU REMAJA.” Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 3(1). doi: 10.24198/jppm.v3i1.13625.
[10] Rahma Hidayati, Festy, and Irwansyah Irwansyah. 2021. “Privasi ‘Pertemanan’ Remaja Di Media Sosial.” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis 3(1):78–91. doi: 10.47233/jteksis.v3i1.186.
[11] White, Andrew, David Newman, Debra Logan, and John Radcliffe. 2006. Mastering Master Data Management.
Published
2021-09-01
How to Cite
Permana, I., & Sutedja, I. (2021). ANALISIS PERILAKU PENGGUNA AKUN KEDUA DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(4), 1195-1204. https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.838
Section
Articles