PENGEMBANGAN TEORI PERSAMAAN DIFERENSIAL UNTUK MENINGKATKAN CARA BERFIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA

  • Dame Ifa Sihombing Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas HKBP Nommensen
Keywords: Persamaan Diferensial, Persamaan Diferensial Cauchy Euler, Persamaan Karakteristik, Berfikir Kritis.

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menyajikan solusi persamaan diferensial Cauchy Euler homogen dari akar persamaan karakteristiknya. Kesulitan dalam menyelesaikan persoalan analisa dan aljabar mengakibatkan kelambatan dalam pengajaran dan pembelajaran.Dengan menemukan persamaan karakteristik dalam bentuk persamaan polinomial berderajat n, maka persamaan diferensial Cauchy Euler dapat diselesaikan dengan mudah. Kemampuan berfikir kritis sangat diperlukan dalam menganalisa dan mengkonsep proses pembelajaran teori ini, oleh karena itu model pembelajaran discovery diperlukan dalam pengembangan teori tersebut.  Dengan demikian hasil yang diperoleh dapat membangkitkan penelitian lain tentang Persamaan Cauchy Euler secara abstraksi matematika dan aplikasinya.

References

[1] Krulik, S., & Rudnick, J. A. 1995., The New Sourcebook for Teaching Reasoning and Problem Solving in Elementary School. A Longwood Professional Book. Boston, USA: Allyn & Bacon
[2] Setyawan, F. 2015. Conceptual Understanding Profile of LEOV Junior High School Students Based on Kolb’s Learning Style. International Conference on Mathematics, Science, and Education (ICSME), 61–63.
[3] Smith, D. G. 1977., College classroom interactions and critical thinking. Journal of Educational Psychology, 69(2), 180–190.
[4] Edwards,C.H.&Penney,D.E.,2008., Elementary Differential Equations. 6 ed. New Jersey: Pearson Education
[5] Ariyana Y., Pudjiastuti, A.,Bestary, R., Zamroni. 2018., Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
[6] Balim, Ali gunay. 2009. The effect of Discovery Learning on Student’s success and inquiry Learning Skills. Egitim Arastirmalari-Eurasian Journal of Educational Research. 35: 1-20.
[7] Sabuwala, A. H. & Leon, D. D., 2011. Particular Solution To The Euler–Cauchy Equation With Polynomial Non– Homogeneities. Discrete And Continuous Dynamical Systems, pp. 1271-1278
Published
2021-08-30
How to Cite
Sihombing, D. (2021). PENGEMBANGAN TEORI PERSAMAAN DIFERENSIAL UNTUK MENINGKATKAN CARA BERFIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(4), 1163-1168. https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.837
Section
Articles