PENGEMBANGAN TEORI PERSAMAAN DIFERENSIAL UNTUK MENINGKATKAN CARA BERFIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk menyajikan solusi persamaan diferensial Cauchy Euler homogen dari akar persamaan karakteristiknya. Kesulitan dalam menyelesaikan persoalan analisa dan aljabar mengakibatkan kelambatan dalam pengajaran dan pembelajaran.Dengan menemukan persamaan karakteristik dalam bentuk persamaan polinomial berderajat n, maka persamaan diferensial Cauchy Euler dapat diselesaikan dengan mudah. Kemampuan berfikir kritis sangat diperlukan dalam menganalisa dan mengkonsep proses pembelajaran teori ini, oleh karena itu model pembelajaran discovery diperlukan dalam pengembangan teori tersebut. Dengan demikian hasil yang diperoleh dapat membangkitkan penelitian lain tentang Persamaan Cauchy Euler secara abstraksi matematika dan aplikasinya.
References
[2] Setyawan, F. 2015. Conceptual Understanding Profile of LEOV Junior High School Students Based on Kolb’s Learning Style. International Conference on Mathematics, Science, and Education (ICSME), 61–63.
[3] Smith, D. G. 1977., College classroom interactions and critical thinking. Journal of Educational Psychology, 69(2), 180–190.
[4] Edwards,C.H.&Penney,D.E.,2008., Elementary Differential Equations. 6 ed. New Jersey: Pearson Education
[5] Ariyana Y., Pudjiastuti, A.,Bestary, R., Zamroni. 2018., Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
[6] Balim, Ali gunay. 2009. The effect of Discovery Learning on Student’s success and inquiry Learning Skills. Egitim Arastirmalari-Eurasian Journal of Educational Research. 35: 1-20.
[7] Sabuwala, A. H. & Leon, D. D., 2011. Particular Solution To The Euler–Cauchy Equation With Polynomial Non– Homogeneities. Discrete And Continuous Dynamical Systems, pp. 1271-1278
Copyright (c) 2021 Jurnal Inovasi Penelitian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.