STRATEGI PENETAPAN HARGA JUAL PRODUK PUPUK ORGANIK BAHAN BAKU LIMBAH CINCAU HITAM UNTUK MENINGKATKAN KEUNTUNGAN UD RSA KEDIRI

  • Rini Astuti Prodi Manajemen, Universitas Islam Kadiri
  • Mawar Ratih K Prodi Manajemen, Universitas Islam Kadiri
  • Lina Saptaria Prodi Manajemen, Universitas Islam Kadiri
Keywords: Harga Pokok Produksi, Harga Jual, Full Costing, Variabel Costing

Abstract

Penetapan harga jual suatu produk merupakan keputusan yang penting karena dapat mempengaruhi keuntungan perusahaan dan minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi penetapan harga jual produk pupuk organik yang merupakan produk sampingan dari hasil pengolahan limbah industri cincau hitam UD RSA Kediri Jawa Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi literatur dan dokumentasi perusahaan. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan sekunder yang memberikan informasi tentang strategi perusahaan tentang penetapan harga produk. Metode penghitungan Harga Pokok Produksi (HPP) yang digunakan adalah metode full  costing dan variable costing. Tahapan kegiatan penelitian adalah mengidentifikasi biaya produksi, memilih metode harga pokok produksi, menentukan harga jual, analisis harga jual, membuat keputusan penetapan harga jual. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa hasil  perhitungan HPP menggunakan full costing yaitu Rp 97.260.000, harga jual Rp 4.863 dan laba Rp 3.740. untuk perhitungan hpp menggunakan variable costing yaitu Rp 56.400.000, untuk harga jual Rp 2.820 dan laba Rp 2.170. Dari hasil  penghitungan HPP menggunakan full costing sudah tepat karena mendapatkan harga jual dan laba yang sesuai dengan harapan perusahaan

References

[1] Abadi, L. Y. (2016) “Evaluasi Strategi Penetapan Harga Jual Dalam Bisnis Gourmet Land Cafe,” Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(1), p. 113.
[2] Darno, D. and Muasyaroh, L. D. (2020) “Perbandingan Perhitungan Harga Pokok Produksi Berdasarkan Metode Full Costing Vs Variable Costing Pada Produksi Sambel Pecel,” Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), pp. 111–118. doi: 10.31334/abiwara.v1i2.798.
[3] Mardewi (2019) Analisis Perhitungan Biaya Produksi Terhadap Harga Jual Pupuk Organik Cair pada Koperasi Amanah di Polewali Mandar.
[4] MULYANA, M. (2012) “INISIASI VI Strategi Penetapan Harga,” pp. 43–51.
[5] Putranda, A. (2021) Strategi Penetapan Harga dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Gerai 212 Cabang Bengkulu Perspektif Ekonomi Islam.
[6] Samsul, N. H. (2013) “Penentuan Harga Jual Perusahaan Dengan Metode Full Costing Pada PT. Danliris Di Sukoharjo,” Jurnal EMBA, 1(3), pp. 366–373, ISSN 2303-1174.
[7] Samudi, L. S. U. (2018) “PEMANFAATAN LIMBAH CINCAU HITAM MENJADI PUPUK ORGANIK PADAT PADA KELOMPOK WANITA TANI DESA NAMBAAN KABUPATEN KEDIRI.” doi: https://doi.org/10.32503/hijau.v3i2.270.
[8] Wardoyo, D. U. (2016) “( Studi Kasus Pada PT Dasa Windu Agung ),” 1(2), pp. 183–190.
Published
2021-08-30
How to Cite
Astuti, R., K, M., & Saptaria, L. (2021). STRATEGI PENETAPAN HARGA JUAL PRODUK PUPUK ORGANIK BAHAN BAKU LIMBAH CINCAU HITAM UNTUK MENINGKATKAN KEUNTUNGAN UD RSA KEDIRI. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(4), 1103-1112. https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.830
Section
Articles