ANALISIS FUNGSI BAHASA FIGURATIF PADA ANAK SEBAGAI BAHAN AJAR KELAS 1 DI SEKOLAH DASAR

  • Hanik Nur Hasanah Universitas Muria Kudus
  • Murtono Murtono Universitas Muria Kudus
  • Irfai Fathurohman Universitas Muria Kudus
Keywords: Fungsi, Bahasa Figuratif, Bahan Ajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi bahasa figuratif pada anak sebagai bahan ajar kelas 1 di Sekolah Dasar. Penelitian deskriptif kualitatif ini akan dilaksanakan di desa Waru, Rembang dengan subjek 1 guru dan 15 siswa kelas 1 SD. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata siswa kelas 1 SD sudah dapat menjelaskan fungsi bahasa figuratif yang ditemukan pada buku siswa. Sebagian besar siswa dapat menjelaskan tanpa diberikan petunjuk penjelasan terlebih dahulu, hanya ada beberapa siswa yang masih kurang memahami, tetapi ketika sudah diberikan petunjuk langsung bisa menjelaskan fungsi kalimat dengan benar. Hal tersebut membuktikan jika siswa sudah dapat memahami makna kalimat, sehingga bisa juga dalam menjelaskan fungsi kalimat dengan benar. Untuk siswa yang belum memahami berani bertanya maksud dari kalimat itu apa, jadi diskusi tetap berjalan, tidak hanya monoton dalam melakukan percakapan antara peneliti dengan informan siswa kelas 1 SD.

References

Kurniawati, Fitri Erning. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Ahklak di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Penelitian, 9(2): 367-388
Purwahida, Rahmah. 2018. Problematika Pengembangan Modul Pembelajaran Baca Tulis Anak Usia Sekolah Dasar. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1): 127-137
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Yakob, Muhammad. 2018. Eksistensi Bahasa Figuratif dalam Cerita Pendek “Sungai” Karya Nugroho Notosusanto. Jurnal Samudra Bahasa, 1(1): 23-29
Wiratno, Tri & Santosa, Riyadi. 2014 Bahasa, Fungsi Bahasa, dan Konteks Sosial. Modul Pengantar Linguistik Umum, 1-19
Magdalena, Ina. 2020. Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2) : 170-187
Saddhono, Kundharu., Slamet, ST.Y. 2013. Teori dan Aplikasi Pembelajaran Membaca dan Menulis di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press
Published
2021-10-03
How to Cite
Hasanah, H., Murtono, M., & Fathurohman, I. (2021). ANALISIS FUNGSI BAHASA FIGURATIF PADA ANAK SEBAGAI BAHAN AJAR KELAS 1 DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5), 1381-1384. https://doi.org/10.47492/jip.v2i5.806
Section
Articles