PENGARUH BRAND PERSONALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RUMAH BUSANA AZ-ZAHRA KABUPATEN BIMA

  • Kasman Kasman Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima
  • Amirulmukminin Amirulmukminin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima
Keywords: Brand personality, Keputusan pembelian, Rumah busana az-zahra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand personality terhadap keputusan pembelian di rumah busana az-zahra Kabupaten Bima. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian Asosiatif, merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih dengan menggunakan metode kuesioner. Sampel pada penelitian ini berjumlah 50 responden dan populasinya berasal dari konsumen rumah busana az-zahra di kabupaten bima. Hasil penelitian menunjukan bahwa brand personality berada pada kategori baik dengan hasil 75,7%, dan keputusan pembelian sebesar 57,3% menunjukan pada kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand personality berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Rumah Busana Az-Zahra Kabupaten Bima.

References

[1] Aaker, J. L. (1997). Dimensions of brand personality. Journal of marketing research, 34, 347-356.Almanda, M. I. (2014).

[2] Pengaruh Brand personality Sepatu Nike Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi Dan Bisnis, Universitas Telkom)”. Bandung: Universitas Telkom.Geuens, M., Weijters, B., & De Wulf, K. (2009).

[3] Analisis Pengaruh Brand personality Terhadap Brand Awareness Dan Perceived Quality Dalam Keputusan Pembelian Kartu Provider Xl Di Kota Pekanbaru. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, 7(1), 139-147.Sugiyono. (2012).

[4] Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jilid 1. PT.Indeks Jakarta.

[5] Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2010). Principles of Marketing, Edisi 12. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

[6] Priyandra, Putra. (2012). Pengaruh Brand personality Apple Terhadap Minat Beli Konsumen di Kota Bandung Tahun 2012.

[7] Iqbal, Nur. (2014). Pengaruh Brand personality Sepatu Converse Terhadap Minat Beli Pelajar dan Mahasiswa Di Kota Bandung.
Published
2021-10-03
How to Cite
Kasman, K., & Amirulmukminin, A. (2021). PENGARUH BRAND PERSONALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RUMAH BUSANA AZ-ZAHRA KABUPATEN BIMA. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5), 1375-1380. https://doi.org/10.47492/jip.v2i5.805
Section
Articles