RESPON KOGNITIF ANAK DALAM PRODUK PERMAINAN REMITAN DESA MAYONG LOR JEPARA

  • Muhammad Muhaimin Universitas Muria Kudus
  • Nur Fajrie Universitas Muria Kudus
  • Deka Setiawan Universitas Muria Kudus
Keywords: Respon, Kognitif, dan Permainan.

Abstract

Respon digunakan oleh psikologi untuk menamakan reaksi terhadap rangsangan yang diterima oleh panca indera. Permainan tradisional suatu aktivitas bermain yang dilakukan oleh anak-anak sejak zaman dahulu dengan aturan-aturan tertentu guna memperoleh kegembiraan. Remitan produk permainan tradisional yang berasal dari desa Mayong Lor dibuat dengan bahan dasar tanah liat memanfaatkan ketrampilan tangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi yang akan dilaksanakan di desa Mayong Lor, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara. Subjek penelitian ini adalah anak dan tokoh desa Mayong Lor. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, catatan lapangan. Dengan menggunakan Analisis data interaktif yang meliputi tahapan reduksi, penyajian, dan verifikasi atau pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam faktor respon anak dalam perspektif kognitif mengenai produk permainan remitan didukung oleh faktor eksternal antara lain lingkungan sekitar, pendidikan. Sedangkan faktor internal di dukung oleh faktor pengalaman dan minat informan. Dimana masing – masing faktor mempunyai peran sendiri – sendiri, kemudian dalam Respon anak mengenai produk permainan remitan anak sangat senang dan antusias saat bermain dan juga kebersamaannya.

References

Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset Memilih Diantara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Hadiwinoto, S. “Beberapa Aspek Pelestarian Warisan Budaya”. Makalah disampaikan pada Seminar Pelestarian dan Pengembangan Masjid Agung Demak, di Demak, 17 Januari 2002.
Heidjrachman. Husnah, S. 1997. Manajemen Personalia. Yogyakarta : BPFE Universitas Gajah Mada.
Hurlock, Elizabeth H. 1978. Perkembangan Anak Jilid 1. Terjemahan. Jakarta: Erlangga
Purwaningrum, J. P., Purbasari, I. P., & Rini, G. P. (2020). Pemberdayaan Pengrajin Melalui Inovasi Produk “Remitan” Ramah Anak Berdaya Saing Global Di Kampoeng Remitan Desa Mayong Lor, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 6(2).
Shadily, John, M Echols & Hasan, Kamus Bahasa Inggris Indonesia, Jakarta: Gramedia, 2000, Cet.XXIV
Subandi, Ahmad, Psikologi Sosial, Jakarta: Bulan Bintang 1982, Cet.2
Ulum, Irfatul. 2014. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak 3 (2), hlm: 518-523.
Published
2021-10-03
How to Cite
Muhaimin, M., Fajrie, N., & Setiawan, D. (2021). RESPON KOGNITIF ANAK DALAM PRODUK PERMAINAN REMITAN DESA MAYONG LOR JEPARA. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5), 1349-1358. https://doi.org/10.47492/jip.v2i5.803
Section
Articles