KARAKTER KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V SDIT HIDAYATULLAH DI DESA DAREN SELAMA DI RUMAH

  • Nur Eka Intan Lestari Universitas Muria Kudus
  • Murtono Murtono Universitas Muria Kudus
  • Imaniar Purbasari Universitas Muria Kudus
Keywords: Peran Orang Tua, Kedisiplinan Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter kedisiplinan belajar siswa kelas V SDIT Hidayatullah Daren. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus sebagai tahapan penelitian. Subyek penelitian adalah orang tua yang dikategorikan berdasarkan latar belakang pendidikan dan pekerjaan serta siswa yang memiliki karakter kedisiplinan belajar dan siswa yang tidak disiplin belajar. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini keabsahan data menggunakan cara triangulasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa siswa yang memiliki karakter disiplin dalam belajar dan yang tidak disiplin dalam belajar memiliki faktor internal dan eksternal yang sama-sama baik dalam meningkatkan kedisiplinan belajarnya. Minat untuk terus belajar dan patuh terhadap peraturan merupakan faktor internal yang harus dimiliki siswa. Orang tua siswaa sebagai faktor eksternal. Latar belakang pendidikan orang tua juga berpengaruh bagi kemampuan yang dimiliki siswa, sedangkan pekerjaan orang tua baik pekerja PNS atau buruh sama sama memiliki andil dalam memberikan dukungan dan dorongan dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di masa pembelajaran daring. Orang tua yang memiliki latar belakang pendidikan S1 memiliki peran yang sangat baik untuk menanamkan karakter kedisiplinan belajar pada anak. Dari 6 siswa, 3 siswa yang memiliki karakter kedisiplinan belajar yang baik dengan orang tua yang memiliki latar pendidikan S1 dan bekerja sebagai guru dan perangkat desa sedangkan 3 siswa yang tidak disiplin belajar dengan orang tua yang memiliki latar belakang pendidikan SD sederajat dan bekerja sebagai buruh dan penjahit.

References

[1] Anggraini, Ike. 2018. "Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V di SDN 55/1 Sridadi." Genatala Pendidikan Dasar Vol 3 No 1 127-144.
[2] Harahap, R. 2020. "Fenomena Online Learning di Masa Pandemi Linguistik." Jurnal Bahasa dan Sastra Vol. 5 Nomor. 2 146-156.
[3] Khoirunnisa. 2020. "Pentingnya Faktor-Faktor Kedisiplinan Dalam Meningkatkan Prestasi Nilai Mahasiswa Pada Kampus STIE Panca Setia Banjarmasin." Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis vol.6 Nomor.3 434-442.
[4] M. Miles, A. & Huberman. 2010. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UIP.
[5] Monawati, Fauzi. 2018. "Hubungan Antara Kecerdasan Logis Matematika dan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Pagar Air Kabupaten Aceh Besar." Jurnal Pesona Dasar Vol. 6 Nomor. 1 55-62.
[6] Nuraini, F. 2011. "Disiplin Belajar Pada Pembelajaran Mata Kukiah Praktik Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Jurusan IKKFPPUNP." Gorga;Jurnal Seni Rupa Vol.8 Nomor. 1 55-60.
[7] Santika, I.W. 2020. "Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring." Indonesian values and character education jurnal Vol. 3 Nomor 1 8-19.
[8] Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.
[9] Wirantasa, Umar. 2017. "Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika." Jurnal Formatif 7 (1) 83-95.
[10] Yulianti, dkk. 2019. "Faktor Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X SMK Larenda Brebes." Jurnal Mimbar Ilmu Vol 24. Nomor 2 78-99.
[11] Yuliantika, Siska. 2017. "Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, XI, dan XII di SMA Bhaktiyasa Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017." Jurnal Pendidikan Ekonomi UNDIKSA 55-67.
[12] Zulfitria. 2018. "Pengaruh Latar Belakang Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD." Holostika, PP 1-8.
Published
2021-08-30
How to Cite
Lestari, N., Murtono, M., & Purbasari, I. (2021). KARAKTER KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V SDIT HIDAYATULLAH DI DESA DAREN SELAMA DI RUMAH. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(4), 1221-1228. https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.798
Section
Articles