PERAN ORANGTUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR DI DESA WONOREJO JEPARA

  • Iftita Rizki Amalia Universitas Muria Kudus
  • Khamdun Khamdun Universitas Muria Kudus
  • Irfai Fathurohman Universitas Muria Kudus
Keywords: Peran Orang Tua, Motivasi Belajar

Abstract

Dalam motivasi belajar anak yang diberikan orang tua ternyata masih terdapat orang tua yang kurang maksimal dalam melakukan perannya sebagai pendorong (motivator) dan juga pembimbing yang dapat memengaruhi kurangnya motivasi belajar sang anak. Peran Orang Tua yang mampu menjadi pendidik, pendorong, fasilitator, dan juga sebagai pembimbing bagi anaknya. Kesulitan orang tua dalam membimbing anak belajar yaitu latar belakang pendidikan orang tua, tingkat ekonomi, dan adanya waktu. Dikarenakan masih terdapat beberapa orang tua yang sibuk dalam bekerja sehingga kurang maksimal ketika bersama anak sehingga kegiatan anak setiap harinya tidak terpantau langsung oleh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1)Peran orang tua dalam memotivasi belajar anak di desa Wonorejo Jepara. 2) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesulitan orangtua dalam membimbing anak. Penelitian kualitatif deskriptif ini dilaksanakan di Desa Wonorejo Jepara dengan subjek penelitian 12 orang tua dan 12 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah mereduksi data, memaparkan data, serta membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu jika peran orang tua dalam memotivasi belajar anak skolah dasar di desa Wonorejo Jepara ialah termasuk kategori cukup maksimal meskipun terdapat kesulitan yang orang tua alami dalam memotivasi belajar anak.

References

Lestari, Sri, 2012, Psikologi Keluarga.Jakarta: Kencana Preanada MediaGroup.
Afandi, Rifki, 2015,Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dan Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar,Jurnal Inovasi Pembelajaran, vol1 (1), hal 77 - 79.
Rumbewas, Selfia S dkk, 2018, Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik di Sd Negeri Saribi,Jurnal EduMatSains, vol 2 (2), hal 201-212.
Soekamto, S. 2007. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
Indah Pratiwi. 2010. Perilaku Prososial ditinjau dari empati dan kematangan emosi. Jurnal Psikologi . vol 1, no 1. Kudus: Universitas Muria Kudus.
Hadi, Abdul. 2016. Nilai nilai Pendidikan Keluarga dalam UU No.23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. Jurnal An-Nisa, 11 (2), 101-121.
Fitroturrohman, Melida dkk. 2019. Hubungan Peran Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN Kedung 01 Jepara. Journal of Primaryand Children’s Education, 2 (2), 27.
Nirwana, Ade Benih. 2011. Psikologi Ibu,Bayi, dan Anak. Yogyakarta: Nuha Medika.
Valeza, AlsiRizka. 2017. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak di Perum Tanjung Raya Permai Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung. Lampung: Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam UIN Raden Intan Lampung.
Kompri. 2018. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hamalik, Oemar, 2007, Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Arifin, Zaenal. 2014. Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Badria, lailatul Irani dkk. 2018. Pengaruh Orang Tua dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ipa. Jurnal Pendidkan Ipa, 8 (1), 20-25.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.Cholifah dkk. 2016. Pengaruh Latar Belakang Tingkat Pendidikan Orangtua dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas IV SDN Kecamatan Sanawetan Kota Blitar. Jurnal Pendidikan, 1 (3), 486-491.
Published
2021-08-30
How to Cite
Amalia, I., Khamdun, K., & Fathurohman, I. (2021). PERAN ORANGTUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR DI DESA WONOREJO JEPARA. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(4), 1271-1280. https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.782
Section
Articles