ANALISIS FAKTOR YANG MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ONLINE SHOP SHOPEE
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Analisis Faktor Yang Menentukan Keputusan Pembelian Pada Online Shop “Shopee” di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi semester 2 Universitaas KH. A. Wahab Hasbullah. Dengan menggunakan teknik stratified random sampling sejumlah 90 responden. hasil dalam penelitian ini pada analisis regresi linier berganda dapat diketahui Nilai R square = 0,467 menunjukkan bahwa variabel X dapat menjelaskan variabel Y sebesar 46,7%, sedangkan sisanya sebesar 53,3% dijelaskan oleh faktor lain, dan dalam uji f dapat diketahui nilai F hitung (25,089) > F tabel (0,271) dan nilai Sig. (0,000) < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan dalam uji T dijelaskan bahwa nilai t hitung variabel X1 (Faktor Psikologi) terhadap variabel Y (Keputusan Pembelian) sebesar 3,613 lebih besar dari t tabel sebesar 1,678 dengan nilai signifikansi t = 0,001 lebih kecil dari nilai α = 0,05. Dengan demikian dapat diketahui bahwa faktor psikologis dan faktor sosial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada online shop shopee di mahasiswa Fakultas Ekonomi semester 2 Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.
References
[2] Ibnu Widiyanto1*, S. L. P. (2017). Perilaku Pembelian Melalui Internet . Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 5(1), 674–681. https://doi.org/10.9744/jmk.17.2.109
[3] Jayani, D. (2019). Shopee Jadi E-Commerce Paling Top dari Masa ke Masa. Iprice.Co.Id, 2019. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/03/shopee-jadi-e-commerce-paling-top-dari-masa-ke-masa
[4] Muflih, T. F. (1390). Analisis Pengaruh Faktor Situasional Terhadap Pembelian Impulsif Pada Binjai Supermall. 99-117.
[5] Nugraheni, E. D. (2020). . Peran Penggunaan Shopee Sebagai Media Promosi Online Shop Dalam Meningkatkan Laba Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi. 2507(February), 1–9.
[6] Putri, N. A. R., & Iriani, S. S. (2019). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Melalui E-Commerce Shopee. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(2), 69. https://doi.org/10.31504/komunika.v8i2.2391
[7] Ratna desi, dkk. (2017). Persepsi Mahasiswa Pada Jasa Belanja Online Shopee. 1–14.
[8] Sa’adah, L. (2021). Metode Penelitian Ekonomi Dan Bisnis (1 ed.). LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.
Copyright (c) 2021 Jurnal Inovasi Penelitian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.