ANALISIS FAKTOR YANG MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ONLINE SHOP SHOPEE

  • Wahyu Setyo Ningsih Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah, Jombang
  • Ita Rahmawati Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah, Jombang
Keywords: Faktor Psikologis, Faktor Situasional, Faktor Sosial & Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Analisis Faktor Yang Menentukan Keputusan Pembelian Pada Online Shop “Shopee” di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi semester 2 Universitaas KH. A. Wahab Hasbullah. Dengan menggunakan teknik stratified random sampling sejumlah 90 responden. hasil dalam penelitian ini pada analisis regresi linier berganda dapat diketahui Nilai R square = 0,467 menunjukkan bahwa variabel X dapat menjelaskan variabel Y sebesar 46,7%, sedangkan sisanya sebesar 53,3% dijelaskan oleh faktor lain, dan dalam uji f dapat diketahui nilai F hitung (25,089) > F tabel (0,271) dan nilai Sig. (0,000) < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan dalam uji T dijelaskan bahwa nilai t hitung variabel X1 (Faktor Psikologi) terhadap variabel Y (Keputusan Pembelian) sebesar 3,613 lebih besar dari t tabel sebesar 1,678 dengan nilai signifikansi t = 0,001 lebih kecil dari nilai α = 0,05.  Dengan demikian dapat diketahui bahwa faktor psikologis dan faktor sosial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada online shop shopee di mahasiswa Fakultas Ekonomi semester 2 Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

References

[1] Afandy, T. (2014). ( Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Malang yang Memutuskan Membeli Handphone Merek Nokia ). 15(1), 1–10.
[2] Ibnu Widiyanto1*, S. L. P. (2017). Perilaku Pembelian Melalui Internet . Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 5(1), 674–681. https://doi.org/10.9744/jmk.17.2.109
[3] Jayani, D. (2019). Shopee Jadi E-Commerce Paling Top dari Masa ke Masa. Iprice.Co.Id, 2019. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/03/shopee-jadi-e-commerce-paling-top-dari-masa-ke-masa
[4] Muflih, T. F. (1390). Analisis Pengaruh Faktor Situasional Terhadap Pembelian Impulsif Pada Binjai Supermall. 99-117.
[5] Nugraheni, E. D. (2020). . Peran Penggunaan Shopee Sebagai Media Promosi Online Shop Dalam Meningkatkan Laba Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi. 2507(February), 1–9.
[6] Putri, N. A. R., & Iriani, S. S. (2019). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Melalui E-Commerce Shopee. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(2), 69. https://doi.org/10.31504/komunika.v8i2.2391
[7] Ratna desi, dkk. (2017). Persepsi Mahasiswa Pada Jasa Belanja Online Shopee. 1–14.
[8] Sa’adah, L. (2021). Metode Penelitian Ekonomi Dan Bisnis (1 ed.). LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.
Published
2021-07-31
How to Cite
Ningsih, W., & Rahmawati, I. (2021). ANALISIS FAKTOR YANG MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ONLINE SHOP SHOPEE. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), 779-784. https://doi.org/10.47492/jip.v2i3.780
Section
Articles