INTENSITAS KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR

  • Cindy Puspitasari Universitas Muria Kudus
  • Deka Setiawan Universitas Muria Kudus
  • Santoso Santoso Universitas Muria Kudus
Keywords: Intensitas Komunikasi, Motivasi Belajar & Anak Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada anak Sekolah Dasar di Desa Pucakwangi dengan tujuan mengetahui intensitas komunikasi keluarga dalam memotivasi belajar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di Desa Pucakwangi Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Subyek penelitian yaitu siswa kelas V SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Pengecekan keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmasibilitas. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Intensitas komunikasi orang tua dalam memotivasi belajar berdasarkan tingkat pendidikan, pekerjaan hasilnya empat narasumber memiliki intensitas komunikasi yang baik dan motivasi belajar yang tinggi mereka adalah keluarga Ibu SP, EV, RR dan WA. Enam narasumber memiliki intensitas komunikasi yang tidak baik dan motivasi belajar yang rendah adalah keluarga Ibu MI, SP, NI, SM, JI dan UM. Faktor yang mempengaruhi intensitas komunikasi berdasarkan tingkat pendidikan dan pekerjaan yang berbeda adalah enam narasumber intensitas komunikasi dipengaruhi oleh faktor kesibukan orang tua dengan pekerjaan yaitu keluarga Ibu MI, SP, RR, WA, NI dan UM. Tiga narasumber dipengaruhi oleh kebiasaan menonton tv, penggunaan handphone yang berlebihan mereka adalah keluarga Ibu SP, EV dan JI. Satu narasumber yaitu keluarga Ibu SM dipengaruhi oleh sikap pendiam/introvert anak yang lebih nyaman dengan kebiasaan bermain game online

References

[1] Abriyoso, Okto Jaya. dkk. (2012). Hubungan Efektivitas Komunikasi Antarpribadi dalam Keluarga dengan Motivasi Belajar Anak di Sekolah. Ejurnal Mahasiswa Universitas Padjajaran, 1, 12-14.
[2] Afrianto, Agus. (2017). Hubungan Intensitas Komunikasi Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD N Gugus Mawardi Kaliwungu Kendal. Skripsi, FIP, PGSD, UNNES, Semarang.
[3] Al. Tridhonanto & Beranda Agency. 2014. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis.Jakarta: PT Gramedia
[4] A.M, Sardiman. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[5] Ammang, Sondakh. (2017). Peran Komunikasi Keluarga Dalam Mengatasi Perilaku Merokok Pada Anak Usia Remaja (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Kampung Makassar Timur Kota Ternate). e-jurnal Acta Diurna. Vol 1 No 1
[6] Baharuddin. 2019. Pengaruh Komunikasi Orang Tua Terhadap Perilaku Anak Pada Min I Lamno Desa Pante Keutapang Aceh Jaya. Jurnal Al-Ijtimaiyyah, 5 (1), 105-123
[7] Gunawan. (2009). Efektivitas Pesan Dalam Komunikasi. Jurnal Komunikasi Massa, 5, 27-32.
[8] Gunarsa, S. D. (2004). Psikologis Praktis Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
[9] Kurniadi, Oji. (2001). Pengaruh Komunikasi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Anak. Mediator, 2.
[10] Mahmudi, Arifudin., dkk (2020) Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran. 3 (1) 122-129
[11] Mohibu, Aldenis. (2015). Peran Komunikasi Orang Tua dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak. E-jurnal Acta Diurna, IV, (4).
Published
2021-07-31
How to Cite
Puspitasari, C., Setiawan, D., & Santoso, S. (2021). INTENSITAS KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), 925-930. https://doi.org/10.47492/jip.v2i3.777
Section
Articles