PENGARUH FASILITAS KERJA DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI PADA CV. ZAM – ZAM JOMBANG)

  • Septian Ragil Anandita Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Susi Indriyani Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Wisnu Mahendri Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
Keywords: Fasilitas Kerja, Komunikasi & Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya permasalahan kinerja karyawan pada CV. Zam – Zam Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pengaruh fasilitas kerja dan komunikasi terhadap kinerja karyawan di CV. Zam – Zam Jombang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan menggunakan metode sampling jenuh (sensus) yang mana jumlah seluruh populasi dijadikan sampel. Sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 32 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian yaitu kuesioner (angket). Teknik pengujian instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas, teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji koefisien determinasi. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji t, dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Fasilitas kerja memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada CV. Zam – Zam Jombang; Komunikasi tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada CV. Zam – Zam Jombang; Fasilitas kerja dan komunikasi secara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada CV. Zam – Zam Jombang.

References

Adamy, M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori, Praktik, dan Penelitian. Ljokseumawe: Universitas Malikussaleh.
[2] Indah, L. (2016). Pengaruh Fasilitas Kerja Dan Komunikasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jmk, 1(1), 56–64.
[3] Maulana, M. F. (2016). Analisis Pengaruh Gaji, Tunjangan Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pabrik Roti Universal (Bayu Bagus) Baron Nganjuk. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
[4] Maulana, M. F. (2016). Analisis Pengrauh Gaji, Tunjangan Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pabrik Roti Universal (Bayu Bagus) Baron Nganjuk. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
[5] Munawirsyah, I. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Fasilitas Kerja Terhadap Motivasi Kerja Dan Dampaknya Kepada Kinerja Pegawai Non Medis Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Subulussalam. Jurnal BiMunawirsyah, I. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Fasilitas Kerja Terhadap Motivasi Kerja Dan Dampaknya Kepada Kinerja Pegawai Non Medis Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Subulussalam. Jurnal Bisnis Administrasi, 06(01), 44–51.Snis Administrasi, 06(01), 44–51.
[6] Pratiwi, P. (2017). Pengaruh Komunikasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Anugrah Utama Lestari (AUL) Bandung. Bandung: Universitas Pasundan.
[7] Rialmi, Z., & Morsen, M. (2020). Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Utama Metal Abadi. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 3(2), 221. https://doi.org/10.32493/jjsdm.v3i2.3940
[8] Rifai’i, A. (2019). Pengaruh Komunikasi Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ekonomedia, 53(9), 1689–1699.
[9] Sa'adah, L. (2020). Analisis Data Statistik Dengan Aplikasi IBM SPSS 25 & EViews 10. Jombang: LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.
[10] Sa'adah, L. (2021). Metode Penelitian Ekonomi Dan Bisnis. Jombang: LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.
[11] Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.
Published
2021-07-31
How to Cite
Anandita, S., Indriyani, S., & Mahendri, W. (2021). PENGARUH FASILITAS KERJA DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI PADA CV. ZAM – ZAM JOMBANG). Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), 881-890. https://doi.org/10.47492/jip.v2i3.773
Section
Articles