PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

  • Dearlina Sinaga Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Sethepy Indah Putri Sinaga Universitas HKBP Nommensen Medan
Keywords: Kemampuan Guru,Penggunaan Media Pembelajaran & Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mencari pengaruh  kemampuan guru menggunaan media pembelajaran secara daring terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan survey, dimana populasi  adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pahae Jae Tahun Ajaran 2020/2021. Metode analisis data dilakukan Uji Normalitas, Uji Analisis Regresi Sederhana, Uji Hipotesis dan Uji Keberartian Regresi. Dari perhitungan regresi linier sederhana, Y = 43,349 + 0,547X. bahwa nilai konstanta untuk kemampuan guru dalam penggunaan media pembelajaran secara daring belajar sebesar 43,349 Pengaruh kemampuan guru dalam penggunaan media pembelajaran secara daring dengan hasil belajar siswa akan mengalami peningkatan dengan asumsi independen lainnya. Independen tersebut menunjukkan bahwa persamaan regresi linier sederhananya bersifat positif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam penggunaan media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (3,032 > 2,021) dan nilai signifikan <a (0,00<0,05).Selain itu juga bisa berdampak positif kepada guru sehingga guru siap menerima dan mengikuti segala perubahan dalam sistim pembelajaran di sekolah.

References

UU Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional
[2] Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 tahun 2020, tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa COVID -19
[3] Kunandar.2010.Guru Profesional. Jakarta:PT Raja Grafindo
[4] Istirani dan Intan Pulungan. 2018. Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada.
[5],[6] Arsyad, A. 2019. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
[7] Wiarto, Giri. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Laksitas
[8] Muhammad, Imaduddin. 2018. Membuat Kelas Online Berbasis Android dengan Google Classroom. Yogyakarta: Garudawhaca
[9] Simanihuruk, Lidia. 2019. E-Learning. Yayasan Kita Menulis
[10] Sawitri, Dara. 2020. Penggunaan Google Meet untuk Work From Home di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Jurnal Pengabdian Masyarakat.Vol:2.http://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/161. 24 November 2020.
[11] Handhika, Jeffry dkk. 2020. Pembelajaran Sains di Era Akselerasi Digital. Jawa Timur: CV. AE Media Grafika
[12] Suasoni, Indah dkk. 2020. E-book Pembelajaran Kreatif. Pekalongan:PT Nasya Expanding Management
[13],[14]Nurhadi, Ridwan. 2020. Tetaplah Berkarya Ditengah Wabah. Lamongan: Pustaka Ilalang
[15] Husein, Hamdan. 2018. Pembelajaran Berbasis WEB dengan Moodle Versi 3.4. Yogyakarta: Deepublish
[16] Anugrah, Andi. 2019. E-learning Quipper Scholl dalam Pembelajaran Berbasis Teks. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia
[17] Joenaidy, Abdul. 2018. Guru Asyik Murid Fantastik. Yogyakarta : DIVA Perss
[18] Sudjana, Nana. 2018. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
[19] Purwanto. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta:Pustaka Belajar
[20] Kompri. 2017. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi
[21] Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
[22] Sugiyono.2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & . Bandung:Alfabeta
[23] Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Published
2021-07-31
How to Cite
Sinaga, D., & Sinaga, S. (2021). PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), 873-880. https://doi.org/10.47492/jip.v2i3.772
Section
Articles