KARIR DOSEN PADA PRIVAT INSTITUSI (Studi Kasus di Yayasan Maraqitta’limat Lombok Timur)

  • Hamidi Hamidi STKIP Hamzar Lombok
  • Ruhaiman Ruhaiman STKIP Hamzar Lombok
  • Umi Muawanah STKIP Hamzar Lombok
Keywords: Karir, Dosen & Privat Institusi

Abstract

Dosen sebagaimana yang dijelaskan dalam Undang Undang Guru dan Dosen tahun 2014 pasal 1 ayat 10 bahwa “Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Didalam melaksanakan tugas, dosen dituntut adanya kompetensi yaitu seperangkat pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang harus dihayati dan dikuasai oleh dosen dalam melaksanakan tugas keprofesionalanya”. Yayasan Maraqitta’limat sebagai salah satu Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta yang mempunyai tiga perguruan tinggi yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes), Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) dan Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Hamzar memiliki peran dan tanggungjawab dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia baik tenaga pendidik (dosen) maupun tenaga kependidikan yang ada.  Upaya peningkatan mutu pendidikan tinggi dilingkungan Yayasan Maraqitta’limat sebagai salah satu Badan Penyelenggara Pendidikan Tinggi Swasta (BPPTS) di Nusa Tenggara Barat seharusnya memberikan perhatian yang serius terhadap peningkatan karir dosen dilingkungan pendidikan tinggi yang diselenggarakannya. Sebab, perhatian dan peran serta pimpinan yayasan dan pimpinan lembaga pendidikan terhadap pengelolaan sumber daya manusia yang dimiliki sangat dibutuhkan dalam pencapaian tujuan yang diinginkan.

References

[1] Purwanto, Ngalim. 2006. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remajarosda Karya.
[2] Sagala, Syaiful. 2006. Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Rakasta Samasta.
[3] Sagala, Syaiful. 2007. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu pendidikan. Bandung: Alfabeta.
[4] Sekaran, Uma. 2000. Research Method For Business: Askill-Building Approach, Jhon Wiley & Son, New York, Third Edition.
[5] Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[6] Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
[7] Suryosubroto, B. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
[8] Trianto dan Titik Triwulan. 2007. Sertifikasi Guru dan Upaya Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi, dan Kesejahteraan. Jakarta: Prestasi Pustaka.
[9] Umar, Husein. 2000. Riset Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Edisi Revisi dan Perluasan.
[10] 2006. Himpunan tentang Pola Pembinaan Karier Dosen Perguruan Tinggi di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
[11] 2009. Menjadikan Perguruan Tinggi Mandiri, Majalah Kampus. Media informasi masyarakat Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktor Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
[12] 2006. Undang-Undang Nomor 14 tentang Guru dan Dosen. Bandung: Nuansa Aulia.
[13] 2008. Pembinaan Karier Dosen, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Biro Kepegawaian.
Published
2021-07-31
How to Cite
Hamidi, H., Ruhaiman, R., & Muawanah, U. (2021). KARIR DOSEN PADA PRIVAT INSTITUSI (Studi Kasus di Yayasan Maraqitta’limat Lombok Timur). Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), 763-770. https://doi.org/10.47492/jip.v2i3.760
Section
Articles