MEDIA KOMUNIKASI DAN PROMOSI LAUT BIRU HOTEL PANGANDARAN

  • Renata Anisa Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
  • Yustikasari Yustikasari Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Keywords: Media, Komunikasi, Promosi, Hotel & Laut Biru

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu industri yang berkembang pesat di Indonesia. Tumbuhnya destinasi wisata, hotel, dan online travel agent menjadi salah satu cirinya. Industri Pariwisata pada masa pandemi saat ini menjadi sektor pertama yang terdampak dan diperkirakan menjadi sektor terakhir yang akan pulih. Kemenparekraf sebagai kementrian yang membidangi pariwisata menyusun berbagai strategi dan program untuk membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif dengan konsep inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Pelaku usaha pariwisata saat ini telah memanfaatkan berbagai media untuk berkomunikasi dan promosi perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui media komunikasi dan promosi yang digunakan oleh Laut Biru Hotel Kabupaten Pangandaran serta jenis informasi yang disampaikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Laut Biru Hotel menggunakan media baru (new media) untuk berkomunikasi dengan publik dan mempromosikan produknya. Media yang digunakan adalah email, whatsapp, website, facebook, instagram, dan youtube. Informasi yang disampaikan melalui media tersebut adalah produk dan jasa, fasilitas, aktivitas internal perusahaan, special event yang diselenggarakan, dan promosi perusahaan. Pemilihan media-media tersebut sesuai dengan segmentasi dan target perusahaan yang pada umumnya telah menggunakan media digital.

References

Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, 2020, Rencana Strategis 2020-2024, Jakarta, https://www.kemenparekraf.go.id/asset_admin/assets/uploads/media/pdf/media_1598887965_Rencana_strategis_2020-2024.pdf, diakses pada 15 Juli 2021.
[2] Badan Pusat Statistik, 2021, Jumlah Kunjungan Wisman ke Indonesia Bulan Januari 2021 mencapai 141,26 ribu kunjungan, Jakarta, https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/03/01/1797/jumlah-kunjungan-wisman-ke-indonesia-bulan-januari-2021-mencapai-141-26-ribu-kunjungan.html, diakses pada 15 Juli 2021.
[3] Badan Pusat Statistik, 2019, Jumlah Akomodasi Hotel Bintang, Jakarta, https://www.bps.go.id/indicator/16/307/1/jumlah-akomodasi-kamar-dan-tempat-tidur-yang-tersedia-pada-hotel-bintang.html, diakses pada 15 Juli 2021
[4] Mulyana, D, 2007, Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.
[5] Kotler, Philip and Gary Armstrong, 2008, Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi
12. Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
[6] Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2009, Alih Bahasa : Benyamin Molan, Manajemen
Pemasaran, Edisi Ketigabelas. Jilid 1 dan 2. Cetakan Keempat, PT.Indeks, Jakarta.
[7] Kotler, Philip and Gary Armstrong, 2008, Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi
12. Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
[8] Mulyana, Deddy. & Solatun, 2007, Metode Penelitian Komunikasi, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Published
2021-07-31
How to Cite
Anisa, R., & Yustikasari, Y. (2021). MEDIA KOMUNIKASI DAN PROMOSI LAUT BIRU HOTEL PANGANDARAN. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), 735-742. https://doi.org/10.47492/jip.v2i3.757
Section
Articles