KARAKTER KEDISIPLINAN BELAJAR ANAK SDN 2 MURYOLOBO PADA MASA PEMBELAJARAN DARING

  • Fitrotun Nisa Universitas Muria Kudus
  • Irfai Fathurohman Universitas Muria Kudus
  • Deka Setiawan Universitas Muria Kudus
Keywords: Pembelajaran daring, Kedisiplinan Belajar, Faktor Penyebab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter kedisiplinan belajar siswa SD dimasa pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Desa Muryolobo Kec. Nalumsari Kab. Jepara. Subjek penelitian ini yaitu 3 siswa yang memiliki karakter kedisiplinan belajar dan 3 siswa yang tidak memiliki karakter kedisiplinan belajar di masa daring, orang tua siswa yang dikategorikan berdasarkan latar belakang pendidikan dan pekerjaan dan guru kelas V SDN 2 Muryolobo. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi penelitian. Wawancara dilaksanakan dengan siswa, orang tua dan guru kelas V. Analisis data menggunakan model Milles and Huberman yakni analisis dilakukan meliputi pengumpulan data, reduksi data, peyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa yang memiliki karakter kedisiplinan belajar dan tidak memiliki karakter disiplin belajar di masa pembelajaran daring sama-sama memiliki faktor yang mempengaruhi yaitu faktor internal dan eksternal, tetapi yang membedakan pada hasil akhir atau prestasi belajarnya. (2) Pekerjaan orang tua memiliki pengaruh bagi siswa untuk meningkatkan karakter disiplin belajar dimasa pembelajaran daring. Karena orang tua merupakan faktor dari luar individu yang bisa mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa. Orang tua yang bekerja sebagai PNS dan buruh memiliki andil yang sama dalam membentuk dan meningkatkan karakter kedisiplinan belajar siswa. (3) Latar belakang pendidikan orang tua juga berpengaruh untuk siswa meningkatkan kedisiplinan belajar. Sebab keterbatasan pengetahuan orang tua yang memiliki latar belakang pendidikan sarjana dengan orang tua berlatar belakang pendidikan Tamat SD sederajat berbeda.

References

[1] Anggraini, Ike. 2018. "Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V di SDN 55/1 Sridadi." Genatala Pendidikan Dasar Vol 3 No 1 127-144.
[2] Harahap, R. 2020. "Fenomena Online Learning di Masa Pandemi Linguistik." Jurnal Bahasa dan Sastra Vol. 5 Nomor. 2 146-156.
[3] Khoirunnisa. 2020. "Pentingnya Faktor-Faktor Kedisiplinan Dalam Meningkatkan Prestasi Nilai Mahasiswa Pada Kampus STIE Panca Setia Banjarmasin." Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis vol.6 Nomor.3 434-442.
[4] M. Miles, A. & Huberman. 2010. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UIP.
[5] Monawati, Fauzi. 2018. "Hubungan Antara Kecerdasan Logis Matematika dan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Pagar Air Kabupaten Aceh Besar." Jurnal Pesona Dasar Vol. 6 Nomor. 1 55-62.
[6] Nuraini, F. 2011. "Disiplin Belajar Pada Pembelajaran Mata Kukiah Praktik Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Jurusan IKKFPPUNP." Gorga;Jurnal Seni Rupa Vol.8 Nomor. 1 55-60.
[7] Santika, I.W. 2020. "Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring." Indonesian values and character education jurnal Vol. 3 Nomor 1 8-19.
[8] Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.
[9] Wirantasa, Umar. 2017. "Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika." Jurnal Formatif 7 (1) 83-95.
[10] Yulianti, dkk. 2019. "Faktor Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X SMK Larenda Brebes." Jurnal Mimbar Ilmu Vol 24. Nomor 2 78-99.
[11] Yuliantika, Siska. 2017. "Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, XI, dan XII di SMA Bhaktiyasa Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017." Jurnal Pendidikan Ekonomi UNDIKSA 55-67.
[12] Zulfitria. 2018. "Pengaruh Latar Belakang Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD." Holostika, PP 1-8.
Published
2021-08-30
How to Cite
Nisa, F., Fathurohman, I., & Setiawan, D. (2021). KARAKTER KEDISIPLINAN BELAJAR ANAK SDN 2 MURYOLOBO PADA MASA PEMBELAJARAN DARING. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(4), 1179-1186. https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.754
Section
Articles