Efektivitas Inovasi Paket Layanan Komplit di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar

  • Muhammad Hanun uProgram Studi Demografi dan Pencatatan Sipil Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Itok Dwi Kurniawan Program Studi Demografi dan Pencatatan Sipil Universitas Sebelas Maret, Surakarta
Keywords: Efektivitas, Inovasi, Paket Layanan Komplit, Layanan Kependudukan Dan Pencatatan Sipil.

Abstract

Di era globalisasi seperti ini masyarakat membutuhkan pelayanan yang terbuka, efektif dan efisien. Untuk memenuhi tuntutan masyarakat tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar mengeluarkan sebuah inovasi yaitu inovasi Paket Layanan Komplit. Inovasi ini memiliki tujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan, dengan pelayanan yang terbuka, efektif, dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Inovasi Paket Layanan Komplit di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar. Sedangkan manfaat penelitian ini ialah untuk memberikan masukan yang membangun kepada instansi dan masyarakat luas. Penelitian ini mengkaji mengenai bagaimana efektivitas inovasi Paket Layanan Komplit di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar serta faktor-faktor apa saja yang menghambat pelayanan inovasi Paket Layanan Komplit ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi Paket Layanan Komplit di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar sudah efektif. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian mixed methods. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, survei kepuasan masyarakat, dan dokumentasi. Narasumber utama dalam penelitian kualitatif adalah Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar. Dan untuk data kuantitatif menggunakan survei kepuasan masyarakat. Untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dalam penelitian kualitatif dan mencari rerata dalam penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan efektivitas inovasi Paket Layanan Komplit di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar sudah efektif berdasarkan kesimpulan hasil wawancara dan didukung oleh data kuantitaif menurut responden sudah efektif. Dibuktikan dengan 5 variabel yaitu : persyaratan 77,33%, prosedur 77,33%, waktu pelayanan 76%, produk layanan 76% dan kemudahan penggunaan layanan 73%. Faktor yang menghambat inovasi Paket Layanan Komplit yaitu terkait dengan masalah jaringan, kurangnya sumber daya manusia yang menguasai inovasi tersebut, kurangnya sarana dan prasarana yang memadai.

References

[1] Budiani, Ni Wayan. Jurnal Ekonomi dan Sosial, Vol.2, No.1, 2007: Efektivitas Program Penanggulangan Pengangguran Karang Taruna “Eka Taruna Bhakti” Desa Sumerta Kelod Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar. Bali: Departemen Ilmu Ekonomi Universitas Udayana.
[2] Creswell, J.W. 2012. Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. (4th Ed.). Boston, MA: Pearson.
[3] Creswell, J.W. 2012. Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. (4th Ed.). Boston, MA: Pearson.
[4] Creswell, John W & Clark, Vicki L. Plano. 2015. Understanding Research: A Consumer’s Guide (2nd Edition). New York: Pearson
[5] J. Ravianto. 2014. Produktivitas dan Pengukuran. Jakarta: Binaman Aksara.
[6] Pasolong, H. 2013. Teori administrasi publik, Bandung: Alfabeta.
[7] Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[8] Tjokroamidjojo, Bintoro, 1987, PengantarAdministrasi Pembangunan, Jakarta: LP3ES.
[9] Winarsih, S. Atik & Ratminto. 2007. Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2021-07-31
How to Cite
Hanun, M., & Kurniawan, I. (2021). Efektivitas Inovasi Paket Layanan Komplit di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), 891-898. https://doi.org/10.47492/jip.v2i3.739
Section
Articles