PENGARUH PELAYANAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN CV. AFCO GROUP JOMBANG

  • Khotim Fadhli Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Moch Komari Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Arivatu Ni’mati Rahmatika Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Ahmad Nur Ismail Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
Keywords: pelayanan, inovasi produk, kepuasan pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan dan  inovasi produk terhadap kepuasan pelanggan CV. AFCO Group Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian ini adalah konsumen atau pelanggan CV. AFCO Group Jombang pada masa pandemi covid-19. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 50 responden. Untuk menganalisis data yang diperoleh, digunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan secara parsial juga inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Diketahui juga bahwa pelayanan dan  inovasi produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Kata Kunci: Pelayanan, Inovasi Produk, Kepuasan Pelanggan

References

Caruana, A. (2002). Service Loyalty The Effects of Service Quality and The Mediating Role of Customer Satisfaction. European Journal of Marketing, 36
Fadhli, K., & Illiyin, R. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia (Strategi Dalam Produktivitas). Lima Aksara.
Fadhli, K., & Pratiwi, N. D. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Emosional terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi ZIO Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 603–612. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v2i2.684
Fillayata, V. E., & Mukaram. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi pada Road Café Steak & Pasta Bandung ). Prosiding The 11th Industrial Research Workshop and National Seminar, 7–8, 969–976. https://scholar.google.co.id/citations?user=PVAadCwAAAAJ&hl=id#d=gs_md_cita-d&u=%2Fcitations%3Fview_op%3Dview_citation%26hl%3Did%26user%3DPVAadCwAAAAJ%26citation_for_view%3DPVAadCwAAAAJ%3ATQgYirikUcIC%26tzom%3D-420
Firmansyah, K., Fadhli, K., Noviandy, I. A., & Rini, S. (2020). Pengenalan Media Sosial dan E-Commerce sebagai Media Pemasaran serta Pengemasan Frozen Food. JUMAT EKONOMI: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(1), 43–48. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/1036
Fornell, C. (1992). A National Customer Satisfaction Barometer: The Swedish Experience. Journal of Marketing, 56, 6-21. https://doi.org/10.2307/1252129
Jannah, L. A., Rahmatika, A. N., Ismail, A. N., & Fadhli, K. (2021). Manajemen Strategi Pengembangan Halal Tourism di Jombang. REVENUE : Jurnal Ekonomi Pembangunan Dan Ekonomi Syariah, 04(01), 14–23. https://ejournal.stieba.ac.id/index.php/revenue/article/view/32/20
Kotler, Philip., Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga
Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA JNE CABANG BANDUNG. 11(2), 265–289.
Priyastama, Romie. (2017). Buku Sakti Kuasai SPSS Pengelolaan data dan Analisis data. Yogyakarta: Start Up
Richard L. Oliver. (1980). A Cognitive Model of the Antecedents and Consequences of Satisfaction Decisions. Journal of Marketing Researc. Vol. 17, No. 4 , pp. 460-469
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Tjiptono, Fandy. (2011). Strategi pemasaran. Yogyakarta: Penerbit ANDI
Zeithaml et al. (1996). Measuring the quality of relationship in customer service: An empirical study, European. Journal of Marketing
Published
2021-07-31
How to Cite
Fadhli, K., Komari, M., Rahmatika, A., & Ismail, A. (2021). PENGARUH PELAYANAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN CV. AFCO GROUP JOMBANG. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), 855-864. https://doi.org/10.47492/jip.v2i3.735
Section
Articles