META ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD

  • Luciana Zita Retno Hapsari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Firosalia Kristin Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: Meta Analisis, Model Pembelajaran Inkuiri & Hasil belajar Matematika

Abstract

Penelitian mengenai model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa SD telah banyak dilakukan. Ada banyak model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa SD yang digunakan dalam penelitian tersebut. Untuk itu perlu dilakukan meta-analisis untuk mendapatkan suatu pemahaman dari hasil-hasil penelitian yang sejenis. Jenis penelitian yang digunakan adalah meta analisis. Objek dalam penelitian ini adalah artikel jurnal, karya akademik, dan karya ilmiah yang lain pada Google Cendekia,  Google Scholar serta studi dokumentasi di perpustakaan yang memuat mengenai Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Persentase rata-rata peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dimulai dari yang terendah 13,09% sampai yang tertinggi 47,11% dengan rata-rata 22,21%. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran inquiri 63,57% meningkat menjadi 85,78%. Saran model pembelajaran inkuiri dapat digunakan sebagai model pembelajaran di dalam kelas sehingga dapat memotivasi siswa dalam belajar dan menumbuhkan kreativitas siswa

References

[1] Ambarwanto, Y. (2014). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Tentang Pecahan Biasa Melalui Model Inkuiri Bagi Siswa Kelas Va Sdn Ii Ngadirojo Kabupaten Wonogiri Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal nalar pendidikan. (2) 2. 65-68
[2] Arifudin, A. Alfiani, D, A & Hidayati, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Guru MI. 5 (2). 261-274
[3] Effendi. Kresnadi, H & Syamsiati (2014). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Inkuiri Terbimbing Di Kelas Vi Sdn 12 Matan Hilir Utara. Jurmal Pendidikan dan Khatulistiwa. (3) 3.
[4] Ermawati, Putra, Z, H & Marhadi, H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD Negeri 005 Lenggadai Hilir. Jurnal Online Mahasiswa. (3) 1. 1-14
[5] Fitria, Camelia. (2014). “Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian (Sanguinis, Koleris, Melankolis, Dan Phlegmatis”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Volume 3, Nomor 3 (hlm. 23-32).
[6] Febriawan, F. Subanji & Hadi, S. (2016). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas V SDN Balonggemek 1 Jombang. Jurnal Pendidikan. Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (1) 9 . 1739-1743
[7] Heris, H & Utari, S. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung : Refika Aditama.
[8] Hutauruk, P. (2019). Penerapan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 023905 Kebun Lada. Jurnal Ilmiah Aquinas. (2) 1. 69-77
[9] Israwani. (2015). Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Di Kelas I SD Negeri 53 Banda Aceh. Jurnal Peluang, (3) 2. 55-64
[10] Jamie. D (2004). Meta-Analysis Note. Department of Psychology University of Alabama, USA September 19, 2004. (online). (http://www.stat-help.com/meta.pdf, diakses pada 21 Febuari 2021)
[11] Karmila & Kaimuddin, L, O. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Pada Siswa Kelas Vi Sdn 1 Tinukari. Juornal Pendidikan dasar. (3) 1. 1-7
[12] Kartini. (2015). Penggunaan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SD 51 Sungai Kunyit. Artikel Penelitian. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjung Pura Pontianak
[13] Karso. (2007). Pendidikan Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
[14] Kholik, A. Holisin, I & Kritianti, F. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Guided Inquiri Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah. Journal of Mathematics Education, Science and Technology. (1) 1. 1 – 9
[15] Kusmana, S.(2010). Model Pembelajaran Siswa Aktif. Jakarta: Sketsa Aksara Lalitya.\
[16] Kusumaningrum, B. Suripto & Suyanto, I. (2014). Penerapan Model Pendekatan Inkuiri Dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Tentang Pecahan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Sidoagung Tahun Ajaran 2012/2013. Kalam Cendekia, (3), 1. 597 – 602.
[17] Mahmud, A. Agustina, L. Malik, A & Jatmiko, D, D. (2018). Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Pemahaman Konsep Himpunan Menggunakan Model Inkuiri. Zigma. (3) 2. 41-45
[18] Nasarudin, A. (2012).The Effect of a Thinking Strategy Approach through Visual Representation on Achievement and Conceptual Understanding in Solving Mathematical Word Problem”. Asian Social Science. (8) 16. 30-37.
[19] Novitasari, R, K. Rahayu, R & Purwaningrung, J, P. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Puzzle. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. (3) 1. 57-66
[20] Nurhadi dan Suwardi. 2011. Evaluasi pembelejaran yang efektif dan menyenangkan. Jakarta: Multi Kreasi Satu Delapan.
[21] Nurmala. (2017). Penerapan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri 168432 Kota Tebing Tinggi. ESJ. (7) 3. 467-480
[22] Parmiti, D, P & Arnawa, I, K, T. (2017). Penerapan Model Inkuiri Berbantuan Media Benda Konkret Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal Of Education Action Reseach. (1) 2. 108-121
[23] Rusyana, Adun dan Iwan Setiawan. 2009. Prinsip Prinsip Pembelajaran Efektif. Ciamis: Trans Mandiri Abadi.
[24] Saraswati, N, L. Dibia, I, K & Sudiana, I, W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iii Sd Di Gugus I Kecamatan Buleleng. Journal Mimbar PGSD Undiksha. (1) 1.
[25] Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Perdana Media Group
[26] Sofiani, Erlina. (2011). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing (GuidedInquiri) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa pada Konsep Listrik Dinamis. Skripsi. Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
[27] Suarni, E. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III. Dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Di SDN 05 Kota Mukomuko. Indonesian Journal of Science Education. (1) 1. 63-69
[28] Sudiasa, I, W. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Kemampuan Numerik terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. (45) 3. 263-271
[29] Suherman, E. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI
[30] Sulisthia, P, S. Wiarta, I, W & Manuaba, I, S. (2014). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Animasi Komputer Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Di SD Negeri 2 Manukaya Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. (2) 1.
[31] Suparno, P. (2013). Metodologi Pembelajaran Fisika, Konstruktifisme dan Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma
[32] Sundari, F, S & Indrayani, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda). (2) 2. 72-75
[33] Sutarti, N, P dan Wibawa, I, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran Matematika. Journal of Education Action Research. (2) 4. 295-305
[34] Sutrisno, L., Kresnadi, H,. Kartono. 2007. Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Pontianak: LPJJ PGSD
[35] Suyanti (2013). Peningkatan Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Inkuiri Di Kelas III SDN 14 Mempawah Hilir. Artikel Penelitian. Program Sarjana Kependidikan Guru Dalam Jabatan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak
[36] Wardani. (2004). Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka
[37] Wardani, Naniek Sulistya dkk. 2012. Asesmen Pembelajaran SD. Salatiga: Widya Sari Press.
[38] Wardani, Naniek Sulistya., Slameto., dan Adi Winanto. 2014 Asesmen Pembelajaran SD Bahan Belajar Mandiri. Salatiga: Widya Sari Press.
Published
2021-06-28
How to Cite
Hapsari, L., & Kristin, F. (2021). META ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 651-660. https://doi.org/10.47492/jip.v2i2.721
Section
Articles