ANALISIS KELAYAKAN BISNIS DARI PERSPEKTIF KEUANGAN PADA UKM PERCETAKAN UNDANGAN CUSTOM CONFETTI PROJECT DI SAMARINDA

  • Selvy Lusiabeth Tandi Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
Keywords: Studi Kelayakan Bisnis, Kriteria Investasi & Investasi Bisnis

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui apakah investasi bisnis cabang baru layak atau tidak. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dengan alat analisis Studi Kelayakan Bisnis. Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek non keuangan dinyatakan layak karena Aspek hukum memiliki dokumen perizinan usaha dan menjalankan hukum dengan taat bayar pajak. Aspek tekniks dan teknologi memiliki peralatan yang dibutuhkan untuk kegiatan operasional dan mampu menghasilkan produk sesuai dan tepat waktu. Aspek pasar dan pemasaran mampu mencapai target pasar dan pasar sasaran, Aspek manajemen memiliki struktur organisasi dan mampu membiayai gaji dan insentif karyawan dan aspek keuangan menunjukan bahwa pada perhitungan Payback Periode 1 tahun 9 bulan. Net Present value sebesar Rp 96.012.973, Internal rate of returm sebesar 51% dan Profitability index sebesar 1.80. Berdasarkan perhitungan aspek keuangan dengan penilaian kelayakan investasi menunjukan bahwa investasi cabang baru Confetti Project layak dilakukan.

References

[1] Jumingan. 2009. Studi Kelayakan Bisnis Teori & Pembuatan Proposal Kelayakan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
[2] Kasmir dan Jakfar. 2010. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta : Prenada Media Group.
[3] Rangkuti, Freddy. 2012. Studi Kelayakan Bisnis & Investasi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
[4] Purwana, Dedi dan Hidayat, Nurdin. 2016. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta : Kharisma Putra Utama Offset.
[5] Suliyanto. 2010. Studi Kelayakan Bisnis. Yogyakarta : CV. ANDI OFFSET.
[6] Trisnawani, Tuti. 2011. Akuntansi Untuk Koperasi dan UKM. Jakarta : Salemba Empat.
[7] Abdullah, Fitra. 2015. Analisis Kelayakan Investasi Aktiva Tetap Pembelian Mesin Printing pada PT. Radja Digital Printing Samarinda. Universitas Mulawarman. Samarinda.
[8] Alfida, Pipit. 2016. Analisis Kelayakan Finansial Investasi Tugboat Baru Pada PT. Muara Kembang di Samarinda. Universitas Mulawarman. Samarinda.
[9] Amaly, Nauval Furqon, dkk. 2015. Analisis Pembukaan Cabang Coffee Shop Kedai Sabi di Taman Sari, Kota Bandung ditinjau dari Aspek Pasar, Aspek Teknis, dan Aspek Finansial. Universitas Telkom. Bandung.
[10] Masar, Noor Nadya. 2017. Analisis Kelayakan Investasi Pengolahan Pangan Amplang dan Kerupuk Secara Finalsial (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha Bersama Jaya Lestari di Kec. Sangasanga). Universitas Mulawarman. Samarinda.
[11] Paramarta, Praptono dkk. 2018. Analisis Kelayakan Pembukaan Cabang Percetakan Swasta Nulus di Kabupaten Bandung Ditinjau dari Aspek Pasar, Teknis dan Financial. Universitas Telkom. Bandung.
[12] Putrandy, Aryodymas Syifa. 2019. Analisis Kelayakan Pembukaan Gerai Makanan Fish and Cheaps di Kawasan Universitas Telkom. Universitas Telkom. BAndung.
[13] Saniyah, Al Badrotus dkk. 2019. Analisis Kelayakan Investasi Pembelian Mesin Cetak Offset Pada Percetakan N3 Grafika. Universitas Islam Majapahit. Mojokerto.
[14] Saupullah. 2017. Analisis Kelayakan Usaha Budidaya Sarang Burung Walet di Kecamatan Penyinggahan Kabupaten Kutai Barat (Studi Kasus Sarang Burung Walet Bapak Jurni). Universitas Mulawarman. Samarinda.
[15] Wedianingrum, Wahyu. 2015. Analisis Kelayakan Investasi Pembukaan Cabang Rumah Makan Soto Banjar Nyaman Banar di Kabupaten Kutai Kartanegara. Universitas Mulawarman. Samarinda.
[16] Wati, Risma. 2017. Analisis Kelayakan bisnis Pada Showroom Mobil UD. Mutiara Jaya Motor di Kecamatan Sambutan Samarinda. Universitas Mulawarman. Samarinda.
Published
2021-06-27
How to Cite
Tandi, S. (2021). ANALISIS KELAYAKAN BISNIS DARI PERSPEKTIF KEUANGAN PADA UKM PERCETAKAN UNDANGAN CUSTOM CONFETTI PROJECT DI SAMARINDA. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 465-472. https://doi.org/10.47492/jip.v2i2.708
Section
Articles