ANALISIS TINGGKAT BELANJA ONLINE DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA

  • Agus Sri Iswiyanti Jurusan Manajemen Universitas Gunadarma
Keywords: E-commerce, Belanja Online & Pandemi Covid-19

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat belanja online di kalangan mahasiswa Universitas Gunadarma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menyebarkan kuesioner melalui google form sebanyak 142 responden. Hasil dari penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Gunadarma serijng berbelanja online di toko Shopee dengan membeli produk dengan kategori Fashion seperti baju, tas, sepatu dan lainnya. Selain itu juga membeli Scincare dan Makeup.

References

[1] Anwar, R., & Adidarma, W. 2016. “Pengaruh Kepercayaan dan Risiko Pada Minat Beli Belanja Online”. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 14(2), 155–168.
[2] Budi Santoso, Drs., M. 2009. “Riset Perilaku Konsumen Studi Mengenai Perlaku Konsumen Terhadap Online Shopping”. Jurnal Perilaku Konsumen, 1–2.
[3] Datareportal. (2020). Digital 2020: Indonesia. Data Reportal.https://doi.org/https://datareportal.com/reports/digital-2020-global-digital-oerview https://doi.org/10.29259/jmbs.v14i2.399 5
[4] Harahap, D. A. (2018). “PERILAKU BELANJA ONLINE DI INDONESIA: STUDI KASUS”. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia. https://doi.org/10.21009/jrmsi.009.2.02
[5] Harifah Nurul, Rianto Dedi Rahadi, 2020.”Analisis Perilaku Konsumen Dalam Memutuskan Pembelian Secara Online Pada Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol.8 No.2 Tahun 2020. ISSN: 2338-4328, 2686-2646
[6] K. C. Laudon and J. P. Laudon, “Essentials of Management Information Systems Ford AutoXchange B2B Marketplace,” Pearson Educ., pp. 1–5, 2007.
[7] Mustomi Dede, Aprilia Puspasari, Ayu Azizah, Diah Wijayanti, 2020.”Analisis Belanja Online di Kalangan Mahasiswa Pada Pandemi Covid-19”. Jurnal AKRAB JUARA Vol.5 No.4 Hal. 48-57 Tahun 2020.
[8] “McKinsey Expects Great Growth for Indonesia’s E-Commerce Market,” 2018. https://www.indonesiainvestments.com/news/todaysheadlines/mckinsey-expects-great-growth-for indonesia-s-e-commerce-market/item8959?
[9] Ni, R., Novia Mandasari, P., Nurcaya, N., Hausenblas, H. A., Carron, A. V., Mack, D. E., … Rochmach, T. N. 2017. “Aplikasi Theory of Planned Behavior Dalam Membangkitkan Niat Pasien Untuk Melakukan Operasi Katarak Application of the Theory of Planned Behavior in Generating Patients Intention To Undergo Cataract Surgery”. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 5(1), 674–681. https://doi.org/10.9744/jmk.17.2.109
[10] Nurhayati. 2017. “Belanja Online sebagai cara Belanja di Kalangan Mahasiswa ( Studi Kajian Budaya Di Universitas Malikussaleh ,Lhokseumawe, Aceh)". Aceh Antrhropological Journal,1(2), 1– 22. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/60878/3/BAB I.pdf
[11] Rohmah, S. N., & Syari, F. 2020. “Adakah Peluang Bisnis di Tengah Kelesuan Perekonomian Akibat Pandemi Coronavirus Covid-19 ?” ’ADALAH ; Buletin Hukum & Keadilan, 4(1), 63–74
[12] Sudaryono, M.Pd, Efana Rahwanto S.Kom, dan Ratna Komala, S.Kom. 2020. “E-Commerce Dorong Perekonomian Indonesia, Selama Pandemi Covid- 19 Sebagai Entrepreneur Modern Dan PengaruhnyaTerhadap Bisnis Offline”. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1), 200 213.
[13] Taufik; Ayuningtyas. 2020. “The Impact of Covid-19 Pandemic on Business and Online Platform Existance”. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(1), 21– 32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.3337 0/jpw.v22i1389
[14] Worldometers. (2020). Indonesia Corona Virus.
[15] WHO. (2020). “WHO timeline covid-19”. Www.WHO.Int.
[16] www.ajaib.co.id
[17] www.cnnindonesia.co.id
[18] Yusup, Deni Kamaludin, Mila Bardiyah, Dedi Suyandi, Vemy Suci Asih. “Pengaruh Bencana Covid 19, Pembatasan Sosial, dan Sistem Pemasaran Online Terhadap Perubahan Perilaku Konsumen dalam Membeli Produk Retail”. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati, 1-10.
[19] Zikra, R., & Yusra, Z. (2016). “Kepuasan wanita berbelanja produk fashion berdasarkan cara membeli”. Jurnal RAP UNP, Vol 7(1), 55–56
Published
2021-06-27
How to Cite
Iswiyanti, A. (2021). ANALISIS TINGGKAT BELANJA ONLINE DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 391-396. https://doi.org/10.47492/jip.v2i2.701
Section
Articles