KOMPARASI KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PROBLEM POSING-SOLVING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ONLINE DI SMK YPK 1 BIAK

  • Markus Talu Hurint STKIP Biak
  • Greiswati Tahulending STKIP Biak
  • Saiful Anas STKIP Biak
Keywords: Project Based Learning, Problem Posing-Solving, Matematika & Online

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini memberikan dampak besar dalam berbagai bidang kehidupan secara global termasuk pendidikan di Indonesia. Pelaksanaan pendidikan di Indonesia mengalami perubahan drastis yakni dari pembelajaran tatap mukadi kelas beralih menjadi pembelajaran berbasis online (daring). Menanggapi hal tersebut, terdapat tantangan besar yang harus dihadapi para komponen pendidikan (guru dan siswa) dalam pelaksanaan model pembelajaran jarak jauh ini. Salah satunya adalah para pendidik belum terbiasa/terlatih menciptakan pengalaman belajar (Study From Home) bagi siswa dengan mengimplementasikan/menerapkan model-model pembelajaran yang sudah ada secara virtual (online).Project Based Learning dan Problem Posing-Solving merupakan dua buah model pembelajaran yang biasa diterapkan dalam pembelajaran matematika secara tatap muka langsung (offline). Namun apakah penerapan model pembelajaran yang biasa dilaksanakan secara tatap muka langsung ini dapat diimplementasikan secara online/berbasis online dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika? Pertanyaan itulah yang menggugah peneliti untuk melakukan penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah efektif dan bagaimana penerapan Project Based Learning dan Problem Posing-Solving dalam pembelajaran berbasis online pada peserta didik. Lebih jauh lagi bahwa peneliti ingin membuat perbandingan/komparasi kedua model tersebut pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel kelas X.

References

[1] Kojima, K., Miwa, K., & Matsui, T. (2015). Experimental study of learning support through examples in mathematical problem posing. Research and Practice in Techology Enhanced Learning (2015) 10:1 DOI 10.1007/s41039-015-0001
[2] Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
[3] Setiawan, A. 2017.Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Sungguminasa.
[4] Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
[5] Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
[6] Wanna. 2016. Komparasi keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan tipe jigsaw dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran matematika di kelas XI MAN Pangkep. Tesis Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.
Published
2021-06-27
How to Cite
Hurint, M., Tahulending, G., & Anas, S. (2021). KOMPARASI KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PROBLEM POSING-SOLVING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ONLINE DI SMK YPK 1 BIAK. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 339-344. https://doi.org/10.47492/jip.v2i2.698
Section
Articles