PERANAN STRETEGI MARKETING GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN MASTER GIFT BOX MALANG

  • Mustaan Mustaan STIE AMM Mataram
  • Nizar Hamdi STIE AMM Mataram
Keywords: Pemilihan Pasar, Perencanaan Produk, Penetapan Harga, Sistem Distribusi, Komunikasi Pemasaran, Strategi Samudra Biru & Peningkatan Volume Penjualan.

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu Pemilihan pasar (X1), perencanaan produk (X2), penetapan harga (X3), sistem distribusi (X4), komunikasi pemasaran (X5) dan strategi samudra  biru (X5) dan variabel terikat yaitu peningkatan volume penjualan (Y). Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah konsumen produk Perusahaan Master Gift Box” kota Malang. Metode pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 50 pelanggan / pembeli. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi linier berganda, dengan uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Dari hasil analisis data menggunakan spss menunjukkan bahwa nilai Fhitung > Ftabel (105,481 > 2,32) atau alpha > probabilitas (0.05 > 0,000). Hal ini berarti pemilihan pasar (X1), perencanaan produk (X2), penetapan harga (X3), sistem distribusi (X4), promosi (X5), strategi samudra biru (X6), secara simultan berpengaruh terhadap variabel Y (volume penjualan). Hasil uji t diketahui bahwa variabel pemilihan pasar dimana nilai ttabel < thitung (1,684 < 3,311)), hal ini menunjukkan variabel pemilihan pasar berpengaruh terhadap variabel Y .Untuk variabel perencanaan produk dimana nilai ttabel < thitung (1,684 < 6,258) menunjukkan variabel perencanaan produk (X2) berpengaruh terhadap Y. Selanjutnya variabel penetapan harga (X3) dimana nilai ttabel < thitung (1,684 < 11,403) menunjukkan variabel penetapan harga (X3) berpengaruh terhadap variabel Y. Untuk variabel sistem distribusi (X4) dimana ttabel < thitung (1,684 < 3,974) menunjukkan variabel sistem distribusi (X4) berpengaruh terhadap variabel Y. Sedangkan Untuk variabel promosi (X5) dapat dilihat nilai ttabel < thitung (1,684 < 4,861) menunjukkan variabel promosi (X5) berpengaruh terhadap variabel Y. Sedangkan variabel strategi samudera biru (X6) dapat dilihat nilai ttabel < thitung (1,684 < 2,327) menunjukkan variabel strategi samudera biru (X6) berpengaruh terhadap variabel Y. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa variabel bebas penetapan harga berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan dan merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap volume penjualan

References

[1] Craven david w. 1998. Pemasaran Strategis, Ciracas-Jakarta, Elangga.
[2] Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivarite dengan SPSS, cetakan Keempat, Penerbit : Universitas Diponegoro, Semarang.
[3] Hasan, Iqbal. 2009. Pokok-pokok Materi Statistik 1 (Statisti deskriptif). Penerbit Bumi aksara. Jakarta.
[4] Hasan, Iqbal. 2010. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.
[5] Kim W. Chan, Mauborgne Renee. 2005. Blue Ocean Strategy, Boston, Harvard Business School Press.
[6] Kotler, Armstrong. 20001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta. penerbit Erlangga.
[7] Narbuko, Cholid. Achmadi,Abu. 2012. metodelagi penelitian bisnis. Penerbit PT bumi aksara. Jakarta.
[8] Porter, Michael. 2000. Strategi Bersaing. Penerbit Erlangga: Jakarta
[9] Santoso, singgih. Tjiptono, Fandy. 2001. Riset Pemasaran : Konsep dan aplikasi dengan SPSS. Penerbit PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
[10] Singarimbun, Masri. Effendi, Sofyan. 2011. Metode Penelitian Survai. Penerbit Pustaka LP3ES. Jakarta.
[11] Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Penerbit Alfabeta. Bandung.
[12] Sanusi Anwar. 2011. Metodelogi Penelitian Bisnis. Penerbit Salembe Empat. Jakarta.
[13] Sumarni, Murti. Dan Wahyuni, Salamah. 2005. Metodelogi Penelitian Bisnis. Penerbit Andi Yogyakarta. Jogja.
[14] Siregar,Syofia. 2013. Statistik Parametrik untuk penelitian kuantitati. Penerbit Bumi aksara. Jakarta.
[15] Tjiptono Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Yogyakarta. penerbit Andi Yogyakarta.
[16] Tjiptono Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta. Penerbit Elex Media Komputindo.
[17] Tjiptono Fandy. 2002. Strategi Pemasaran, Yogyakarta, penerbit Andi. Jogja.
[18] William J. Stanton. Dasar-dasar Pemasara. Edisi ke tujuh. Jakarta : Erlangga jilid ke-1, halaman 113
[19] Sumber: W. Chan Kim dan Renee Mauborgne. Blue Ocean Strategy. Harvard Business School Publishing Corporation, 2005.
Published
2021-06-27
How to Cite
Mustaan, M., & Hamdi, N. (2021). PERANAN STRETEGI MARKETING GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN MASTER GIFT BOX MALANG. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 319-330. https://doi.org/10.47492/jip.v2i2.696
Section
Articles