OPTIMALISASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI INOVASI LOKET DESA DI DESA KARANGLOR KECAMATAN MANYARAN KABUPATEN WONOGIRI

  • Zuriyah Evi Rahmawati Universitas Sebelas Maret
  • Itok Dwi Kurniawan 2Program Studi Demografi dan Pencatatan Sipil, Fakultas Hukum UNS
Keywords: Optimalisasi, Administrasi Kependudukan, Loket Desa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan melalui inovasi Loket Desa di Desa Karanglor dan hambatan dalam pelaksanaanya. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber utama dalam penelitian ini yaitu Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) dan Pemanfaatan Data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri serta petugas operator Loket Desa Karanglor. Analisis data dalam penelitian ini terdapat 3 tahap yaitu reduksi data, peyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasinya. Hasil penelitian ini diketahui pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan melalui inovasi Loket Desa di Desa Karanglor sudah berjalan sejak tahun 2020 dan sudah sesuai dengan standar pelayanan seperti yang tertuang pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik namun belum terlaksana secara optimal. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa ketidaksesuaian dan kendala dalam pelaksanaannya.

References

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metoode Baru. Jakarta: UIP.
Tim Prima Pena. 2015. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gitamedia Press
Sugiyono. 2016. Metode Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Setijaningrum, Erna. 2017. Inovasi Kebijakan Pelayanan Publik: Best Practice di Indonesia. Surabaya: Airlangga University Press
Nurdin, Ismail. 2019. Kualitas Pelayanan Publik. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Hardani. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu
Jurnal
Bella, A. (2013). Implementasi Kebijakan Rentan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Halmahera Utara. JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 1(1).
Angkat, K. M., Kadir, A., & Isnaini, I. (2017). Analisis Pelayanan Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dairi. Jurnal Administrasi Publik: Public Administration Journal, 7(1), 33-48.
Rukayat, Y. (2018). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Pasirjambu. Jurnal Ilmiah Magister Administrasi, 11(2).
Muriawan, A., Subarkah, S., & Sulistyowati, S. (2020). Optimalisasi Pelayanan Publik (Kajian Layanan Administrasi Kependudukan Di Tingkat Kecamatan Kota Kudus). Jurnal Suara Keadilan, 21(1), 1-16.
Skripsi
Tajudin, Iin. 2016. Kinerja Pegawai Negeri Sipil Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dalam Pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Skripsi. FISIP, Ilmu Pemerintahan, Universitas Lampung, Bandar Lampung
Faisal, Muhammad Rizky. 2017. Analisis Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Mamuju Tengah. Skripsi. FISIP, Ilmu Pemerintahan, Universitas Hasanuddin, Makassar.
Herianto. 2018. Analisis Hukum Pelaksanaan Pelayanan Kartu Keluarga Dan Kartu Tanda Penduduk Pada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bone. Skripsi. FISIP, Ilmu Pemerintahan, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Peraturan Perundang-undangan
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga
Undang-Undang Nomor 24 Tahum 2013 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan
Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2019 tentang Layanan Adminduk
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik
Peraturan Bupati Wonogiri Nomor 89 Tahun 2016 tentang Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri
Published
2021-07-31
How to Cite
Rahmawati, Z., & Kurniawan, I. (2021). OPTIMALISASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI INOVASI LOKET DESA DI DESA KARANGLOR KECAMATAN MANYARAN KABUPATEN WONOGIRI. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), 931-936. https://doi.org/10.47492/jip.v2i3.688
Section
Articles