Rancang BANGUN SISTEM INFORMASI PELAYANAN DRY & WET LAUNDRY BERBASIS JAVA NETBEANS

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELAYANAN DRY & WET LAUNDRY BERBASIS JAVA NETBEANS

  • Halimatusadiah Halimatusadiah Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
Keywords: Laundry, Sistem Informasi, Efisien, Terintegrasi, Transaksi

Abstract

LAUNDRY DRY & WET untuk pengolahan data di lakukan dengan konvensional, sistem seperti ini belum efektif, kerja pegawai dalam mengontrol pendapatan usaha bahkan kehilangan data rekapan rentan sekali terjadi. Perlunya pengembangan sistem untuk pengolahan data laporan sebagai pengganti sistem yang lama. Tujuan penulisan ini adalah bagaimana mengembangkan, menguji, mengetahui kualitas kelayakan serta mengimplementasikan sistem informasi pengelolaan data Laundry berbasis Java Netbeans. Metode penelitian dengan melakukan pengumpulan data melalui cara metode observasi, wawancara dan pustaka. Sedangkan hasil dari penelitian ini dalam perancangan sistem baru, Laundry Dry & Wet telah menggunakan komputerisasi dengan Java Netbeans, yaitu terciptanya penyimpanan data maupun form transaksi seperti nota ambil barang pelanggan, selesai pengerjaan sampai pengambilan, form nota antar barang lengkap, form retur yang menyediakan komplainan dari segi pengerjaan barang, dan form dalam segi keterlambatan pengerjaan karena kondisi yang tidak bisa di hindari. Laundry Dry & Wet telah menggunakan komputerisasi dengan Java Netbeans, penyimpanan berbasis database yang terintegrasi pada aplikasi agar lebih efektif dan akurat. Pembuatan laporan menggunakan aplikasi sistem baru mampu menyajikan serta menyimpan laporan baik data maupun transaksi yang lebih mudah dan akurat dengan sistem yang terintegrasi dengan komputer hingga terciptanya pelayanan yang baik dan lancar, serta pendataan yang efisien dan maksimal.

References

Daulay, M. S. (2020). Mengenal Hardware-Software dan Pengelolaan Instalasi Komputer. Penerbit Andi.
[2] Rayda, M. F., Haryanto, E. V., & Setiawan, A. (2018). Implementasi Augmented Reality Pada Hardware Komputer Berbasis Android. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 5(2), 109-117.
[3] Haqi, B., Kom, M., & Setiawan, H. S. (2019). Aplikasi Absensi Dosen dengan Java dan Smartphone sebagai Barcode Reader. Elex Media Komputindo.
[4] Nugroho, Adi., 2015. Rational Rose untuk Pemodelan Berorientasi Objek, Bandung.
[5] Margatama, Lestari. 2012. Perancangan Pengembangan Perangkat Lunak Sistem Informasi Laundry Kiloan (SILK). Jakarta: Arsitron Vol.3 No.2 Desember2012.
[6] Jogiyanto. 2014. Analisis dan Desain “Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis”. Jakarta: CV Andi Offset.
[7] Hidayat, Rakasiwi Syarief, dan Agus Winarno. 2012. Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Jasa Laundry pada Hello Laundry. Semarang: Dian Nuswantoro.
[8] Raharjo, Budi, Iman Heryanto dan Enjang RK. 2012. Modul Pemrograman Web TML, PHP dan MySQL. Bandung: Modula.
[9] Aswi, Bang. 2019. Bisnis Laundry Kiloan. Jakarta: Penebar Plus.
[10] Poespo, Goet. 2015. Pemilihan Bahan Tekstil. Yogyakarta: Kanisius.
[11] Febriana, Rina dkk. 2015. House Keeping dan Laundry Perhotelan. Jakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.
[12]Suliyanthini, Dewi. 2011. Rkps Pengetahuan Tekstil. Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta
[13] Sangadah. 2011. Pengetahuan Masyarakat Indramayu Terhadap Batik Indramayu (skripsi). Jakarta: Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta
[14] Martono, Nanang. 2014.Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Published
2021-07-31
How to Cite
Halimatusadiah, H. (2021). Rancang BANGUN SISTEM INFORMASI PELAYANAN DRY & WET LAUNDRY BERBASIS JAVA NETBEANS. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), 711-716. https://doi.org/10.47492/jip.v2i3.685
Section
Articles