PENGARUH DIGITAL MARKETING, KUALITAS PRODUK, DAN EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN POSKOPI ZIO JOMBANG

  • Khotim Fadhli Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Nia Dwi Pratiwi Fakultas Ekonomi, Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang
Keywords: Digital Maketing, Kualitas Produk,Emosional, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing, kualitas produk dan emosional terhadap kepuasan konsumen. Jenis penelitiaan ini menggunakan penelitian kuantitatif. Data yang dikumpulkan penelitian ini menggunakan kuesioner atau memberi beberapa lembar pernyataan untuk mengumpulkan data responden dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Responden diambil dari konsumen dari Poskopi Zio Jombang. Data diolah dengan menggunakan analisis regrasi linier berganda dengan bantun program SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital marketing tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen, sementara kualitas produk memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan emosional juga memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara simultan, semua variabel yakni digital marketing, kualitas produk, dan emosional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen Poskopi Zio Jombang.

Kata Kunci: Digital Maketing, Kualitas Produk,Emosional, Kepuasan Konsumen

References

Alma, Buchari. 2018. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Andi Sukandi, Nunung Ayu Sofiati, dan Yoyo Sudaryo. 2019. Implementasi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kepuasan Nasabah dan Berdampak Pada Citra Lembaga Perbankan. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, No. 3, Vol. 21, 355-364.
Abdul Rahman Raka Aditia, Muhammad Wadud dan M Kurniawan. 2020. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Sepeda Motor NMAX pada PT. Yamaha A. Rivai Palembang. Jurnal Manajemen Pemasaran & SDM, No. 1, Vol. 1, 23-37.
Dadang Suhairi. 2019. Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Honda Autobest Bandung. Jurnal Binawakya, No. 3, Vol. 14, 2539-2548
Fadhli, Khotim, and Rissalatul Illiyin. 2021. Manajemen Sumber Daya Manusia (Strategi Dalam Produktivitas). Jombang: Lima Aksara.
Firmansyah, Kholis, Khotim Fadhli, and Aulia Rosyidah. 2020. Membangun Jiwa Entrepreneur Pada Santri Melalui Kelas Kewirausahaan. JUMAT EKONOMI: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT 1(1):28–35.
Firmansyah, Kholis, Khotim Fadhli, Ichwanda Ahmad Noviandy, and Silviana Rini. 2020. Pengenalan Media Sosial Dan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Serta Pengemasan Frozen Food. JUMAT EKONOMI: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT 1(1):43–48.
Kotler, Philiph & Kevin Lane Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Ni Putu Mira Dwi Astuti, I Komang Mahayana Putra, Kasiani, Cokro Gede Putra Yudistira dan I Made Widiantara. 2020. Implikasi penerapan Custumer Relatinship Marketing dan Digital Marketing Terhadap Kepusan Konsumen Pada PT. Garuda Angkasa Joumpa Denpasar. Jurnal Umnas Mataram, No. 1, Vol. 14, 506-514.
Ratna Sari, M. Thoriq Nurmadiansyah dan Ade Gunawan. 2020. Jurnal MD, No. 1, Vol. 6, 115-130.
Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Septi Nuristiqomah, Joko Widodo dan Mukhamad Zulianto. 2020. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Kartu Prabayar Simpati Telkomsel. Jurnal Pendidkan Ekonomi. No. 1, Vol. 14, 166-170.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi
Zinnullah Achsan, Nawazirul Lubis, dan Widiyanto. 2014. Jurnal Ilmu Admintrasi Bisnis, No. 3, Vol. 2, 173-186.
Published
2021-06-27
How to Cite
Fadhli, K., & Pratiwi, N. (2021). PENGARUH DIGITAL MARKETING, KUALITAS PRODUK, DAN EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN POSKOPI ZIO JOMBANG. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 603-612. https://doi.org/10.47492/jip.v2i2.684
Section
Articles