Pengaruh Online Travel Agent Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menginap Di Kalibaru Cottages Hotel & Restoran Banyuwangi

  • Kanom Kanom Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Sherly Nur Fitri Dewi
  • I Putu Sudhyana Mecha Politeknik Negeri Banyuwangi
Keywords: Online Travel Agent, Kualitas Pelayanan dan Keputusan Menginap

Abstract

Kalibaru Cottages Hotel & Restoran Banyuwangi merupakan salah satu hotel berbintang 3 memberikan fasilitas dan pelayanan hotel yang dilengkapi dengan Cottages. Seiring perkembangan sektor pariwisata dunia yang terus meningkat pertumbuhan hotel di indonesia dituntut untuk aktif dan kreatif salah satunya dengan menggunakan online travel agent. Pada umunya kepuasan tamu yang menginap sebagai patokan kualitas pelayanan yang diberikan Hotelier kepada tamunya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa bagaimana pengaruh Online Travel Agent  dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Menginap di Kalibaru Cottages Hotel & Restoran Banyuwangi. Teknik sampling yang digunakan non probability dengan metode pengambilan sampel menggunakan Sampling Insidental dengan menggunakan 50 responden. Sumber data Metode pengukuran data yang digunakan adalah uji instrument dan uji asumsi klasik, Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, koefisien korelasi ganda, koefisien determinasi, uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Online Travel Agent  berpengaruh positif dan signifikan (nilai t hitung > t tabel yaitu 2,796 > 2,012) terhadap keputusan menginap di Kalibaru Cottages Hotel & Restoran Banyuwangi. Variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan tidak signifikan (nilai t hitung > t tabel, yaitu 1,854 < 2,012) terhadap keputusan menginap di Kalibaru Cottages Hotel & Restoran Banyuwangi. Secara simultan Online Travel Agent dan Kualitas Pelayanan bersama-sama mempengaruhi kinerja karyawan (Fhitung > Ftabel sebesar  10,276 > 3,20). Implikasi Manajerial yang diharapkan yaitu perusahaan mengembakan kerjasama dengan OTA lainnya dan lebih memperhatikan kualitas pelayanan agar dapat memberikan kontribusi lebih terhadap keputusan menginap.

References

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. Perkembangan Pariwisata Jawa Timur Agustus 2019. [Diunduh 2020 Februari 06]. Tersedia pada: https://jatim.bps.go.id/
Chair dan Pramudia. 2017. Hotel Room Division Management. Jakarta: Kencana.
Hendriyati, L. (2019). Pengaruh Online Travel Agent Terhadap Pemesanan Kamar Di Hotel Mutiara Malioboro Yogyakarta.Vol 17(1):1-10.
Kanom, & Darmawan, R. N. (2020). Pengembangan Taman Wisata Alam Gunung Tunak Sebagai Destinasi Pariwisata Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Pariwisata , 25 (2), 84-98.
Kanom, Nurhalimah, and Randhi Nanang Darmawan. "RECOVERY PARIWISATA BANYUWANGI PASCA COVID 19." MEDIA BINA ILMIAH, 2020: 4257-4266.
Kanom, & Zazilah, A. N. (2019). Strategi Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat Di The Mandalika Kuta Lombok. MEDIA BINA ILMIAH , 14 (4), 2509-2524.
Kanom, Darmawan, R. N., & Nurhalimah. (2020). Sosialisasi Penerapan Sapta Pesona Dalam Perencanaan Dan Pengembangan Destinasi Pariwisata Berkelanjutan Di Lider Desa Sumberarum Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 2 (1), 24-32.
Kotler, Philip & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Terjemahan Bob Sabran. Edisi ke 13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Menparpostel, 1987. Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi. Surat Keputusan Menparpostel No. KM 34/HK 103/MPPT-87 Tentang Peraturan Hotel Dan Pengelolaan Hotel, s.l.: s.n.
Marsum, A. M. 2005. Restoran dan Segala Permasalahannya, Edisi IV. Yogyakarta: Andi.
Pradiatiningtyas,D. 2015. Analisa Buying Behavior pada Online Travel Agent AMIK BSI Bandung.Vol 6(2):51-62
Suniarti, N. M. dan Menuh, N. M. 2019. Pengaruh Reservasi Melalui Online Travel Agent Dan Offline Travel Agent Terhadap Tingkat Hunian Kamar. Vol 17(1):82-89
Sumarcaya, P. A. 2015.Pengaruh Reservasi Melalui Travel Agent Dan Online Travel Agent Terhadap Tingkat Hunian Kamar Di Discovery Kartika Plaza Hotel Bali[Laporan Akhir].Denpasar. Universitas Udayana.
Published
2021-08-30
How to Cite
Kanom, K., Nur Fitri Dewi, S., & Mecha, I. P. (2021). Pengaruh Online Travel Agent Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menginap Di Kalibaru Cottages Hotel & Restoran Banyuwangi. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(4), 1235-1244. https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.681
Section
Articles