INOVASI PELAYANAN BESUK KIAMAT DI PEMERINTAH KOTA SURAKARTA

  • Faris Anan Universitas Sebelas Maret
  • Itok Dwi Kurniawan Fakultas Hukum UNS, Surakarta
Keywords: Katakunci : Efektivitas, Inovasi, Administrasi Kependudukan

Abstract

ABSTRAK

Pelayanan administrasi kependudukan merupakan sebuah kewajiban dari negara, yang mana tugas dan fungsi tersebut dijalankan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Memberikan pelayanan yang mudah dan membahagiakan masyarakat merupakan tujuan dari amanat Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan. Tak terkecuali dokumen kependudukan berupa akta kematian.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Inovasi Pelayanan (BESUK KIAMAT) Belasungkawa Kirim Akta Kematian Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta. Sedangkan manfaat penelitian ini ialah untuk memberikan masukan yang membangun kepada instansi dan masyarakat luas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode campuran sequential exploratory mixed method yang mana menggunakan metode berurutan antara data kualitatif yang didapatkan dari wawancara serta observasi  dan data kuantitatif yang didapatkan dari survei kepuasan masyarakat serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa indikator efektivitas yang diteliti ialah ketepatan sasaran, sosialisasi, tujuan serta pemantauan program sudah berjalan dengan baik. Hal tersebut juga sesuai dengan hasil survei kepuasan masyarakat yang menyatakan program pelayanan (BESUK KIAMAT) sudah sangat layak. Sehingga kesimpulan dalam penelitian menunjukan bahwa program (BESUK KIAMAT) Sudah Efektif. Meningkatnya cakupan kepemilikan dokumen kependudukan berupa akta kematian menjadi indikator utama bahwa efektivitas program (BESUK KIAMAT) berjalan dengan baik.

 

Katakunci : Efektivitas, Inovasi, Administrasi Kependudukan

References

Abdurahmat. 2003. Efektivitas Organisasi. Air Langga, Jakarta.
Campbell. 1989. Manjerial Behavior Performace And Effectivieness, Mc Graw Hiil Coy, New York.
Gibson, JL. 2010. Budaya Organisasi Dan Manajemen, Air Langga, Jakarta.
Gie, The Liang. 1998. Eksiklopedia Administrasi, Gunung Agung, Jakarta.
Handoko, T. Hani. 2001. Manajemen. BPFE, Yogyakarta.
Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik, Pembaharuan, Yogyakarta
Martoyo, Susilo. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta.
Moenir, H. A. S. (2006). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong, Lexy J. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Pertama. Penerbit Remaja Rosdakarya, Bandung.
Pabundu. 2010. Budaya organisasi dan peningkatan kinerja perusahaan, PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Published
2021-06-27
How to Cite
Anan, F., & Kurniawan, I. (2021). INOVASI PELAYANAN BESUK KIAMAT DI PEMERINTAH KOTA SURAKARTA. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 485-490. https://doi.org/10.47492/jip.v2i2.664
Section
Articles