KAJIAN PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, LOKASI, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA GIESELIN FOOD SUKSER MAKMUR DI JEMBER

  • Yani Dahliani STIE Mandala Jember
  • Rohmat Hasanul Ahwal STIE Mandala Jember
Keywords: Product Quality, Price, Location, Promotion & Customer Satisfaction

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of product quality, price, location, and promotion on customer satisfaction at Gieselin Food Sukses Makmur. This research was conducted by taking samples using the purposive sampling method, with the criteria aged 17 years, and customers of Gieselin Food Sukser Makmur. Data collection was obtained by 50 consumer data. This study uses methods such as Instrument Test, Classical Assumption Test, and Multiple Linear Regression with the help of IBM SPSS Statistic 21. The results showed by giving a questionnaire to the respondents. That product quality and location have a significant effect on customer satisfaction at Gieselin Food Sukses Makmur, while price and promotion have no significant effect on customer satisfaction at Gieselin Food Sukses Makmur.

References

[1] Alvita, MurtyaNingtyas (2019) “Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Harga, dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Sebagai Variabel Intervening” Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
[2] Ana, Fitriyani Biligies (2016) ”Peran Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Billagio Skincare Sidoarjo”.
[3] Angipora Marius P. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta
[4] Arumsary, Deany (2012) “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek aqua ( Studi Pada Konsumen Toko Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah” Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.
[5] Cannon, Preault dan McCarthy.2009.Pemasaran Dasar Pendetan Manajerial Global. Jakarta : Salemba empat.
[6] Dita, Putri Anggraini, Srikandi Kumaji, Sunarti (2016) “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan ( Survei Pada Pelanggan nasi rawon dirumah makan sakinah kota pasuruan”.
[7] Endri Kurniawan, Slamet Djauhari (2017) “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Garmen di PT. Jaya Asri Garmindo Karanganyar”.
[8] Ferdinan Napitulu (2019) “Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Ramayana Lestari Sentosa”.
[9] Friani, Gloria Igir, Jhony R.E. Tamp, Henny Taroreh (2018) “Pengaruh Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up”.
[10] Malau, Harman, Ph.D. 2016. Manajemen Pemasaran. Bandung:Alfabeta.
[11] Joni Efendi, Nur Azizah (2019) “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Toko Fanny Textile Jakarta”.
[12] Kotler, Philip.2000. Marketing Manajement.Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta : PT. Prehalindo.
[13] Kotler, Philip & Keller.2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigasbelas. Jilid 1.
Jakarta : Erlangga.
[14] Kotler dan Keller 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 2 Jakarta : Erlangga.
[15] Listiawati, Raden Irna Afriani, Tuti Sholehan (2017) “Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen di PT. Indomart Surabaya Merak Banten”.
[16] Lupiyoadi dan Hamdani, 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi ketiga. Penerbit Salemba Empat: Jakarta.
[17] Miftha Alifa Roselina, Asih Niati (2019) “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Konsumen Eka Hijab Semarang”
[18] Nugroho, Eriyanto Prastyo (2011) “Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Notebook Accer (Studi Kasus Mahasiswa Unnes Fakultas Ekonomi)” Skripsi. Universitas Negri Semarang.
[19] Nur Prabowo, Wahyu (2015) “Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi Kelengkapan Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi Empiris Pada Konsumen Indomaret di Kabupaten Karanganyar”.Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
[20] Pamela, Montung, Jante Sepang, Deky Adare (2015) “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan di Restoran Kawan Baru”.
[21] Pasunda, Yuonika (2017) “Pengaruhn Persepsi Konsumen Tentang Harga, Lokasi, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Kuinha Modiste Bandar Lampung Pada Tahun 2007” Skripsi. Universitas Lampung Bandar Lampung.
[22] Prasetijo, Ristiyanti. 2004. Perilaku Konsumen. Edisi 1. Yogyakarta : Andi
[23] Rahmat, Ilham (2018) “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Cinta Tanah Air Hitam Langkat” Skripsi. Universitas Islam Negri Sumatera Utara.
[24] Rindu, Nadia Dewi, Rahmat Hidayat (2015) “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Bingka Nadayam Batam”.
[25] Santon.2006. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta : Gramedia
[26] Sumawan, Dendi (2015) “Pengaruh Promosi, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan ( Study Kasus pada Solo Kudus Kauman, Produk Cab Kota Tanggerang Selatan)”Skripsi. Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah.
Published
2021-05-30
How to Cite
Dahliani, Y., & Ahwal, R. (2021). KAJIAN PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, LOKASI, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA GIESELIN FOOD SUKSER MAKMUR DI JEMBER. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(1), 181-190. https://doi.org/10.47492/jip.v2i1.618
Section
Articles