PENGARUH LABELISASI HALAL DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UMKM DI KOTA BIMA

  • Ismunandar Ismunandar Jurusan Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Muhajirin Muhajirin Jurusan Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Intisari Haryanti Jurusan Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
Keywords: Labelisasi Halal, Kualitas Produk & Keputusan Pembelian

Abstract

Kegiatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu bidang usaha yang dapat berkembang dan konsisten dalam perekonomian suatu negara ataupun daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh labelisasi hala dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk UMKM di Kota Bima.Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei pada responden dengan menyebarkan kuesioner kepada konsumen pengguna produk UMKM di Kota Bima.Populasi penelitian ini adalah konsumen produk UMKM di Kota Bima yang jumlahnya tidak bisa diukur dengan pasti (unknown population).Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden menggunakan teknik accidental sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert, yang masing-masing telah diuji dan telah memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas.Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji signifikansi parsial (uji t) dan simultan (uji F). Hasil analisis regresi linier berganda dengan SPSS versi 20 menunjukan bahwa labelisasiHalal dan Kualitas Produk mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian produk UMKM di Kota Bima

References

Utami P & Silaningsih E, 2018. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Produk Olahan Makanan Ringan. Jurnal Sosial Humaniora Vol 9 No 2 Hal: 144-158.
[2] Rangkuti, Freddy. 2010. Strategi Promosidan Kreatif. Jakarta: Gramedia PustakaUtama.
[3] Manese, Victoria. 2016. Analisis Perbandingan Kualitas Produk, Strategi Promosi dan Persepsi Konsumen Pada Pelanggan Kartu Seluler Indosat dan Telkomsel (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 16 No.3 Hal 605-615.
[4] Nurdiansyah, Dedi.2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Olahraga Merek Adidas Di Bandar Lampung. Skripsi. Jurusan Ekonomi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung
[5] Sukesti, F. Dan Mamdukh B. 2014. The Influence Halal Label and Personal Religiousity on Purchase decision on Food Products in Indonesia. International of Business, economic and law, 1(14):150-153.
[6] Latiff, Z.A.A., Rezai, G., Mohamed, Z. danAyob, M.A. 2015.Food Labels’ ImpactAssessment on Consumer PurchasingBehavior in Malaysia.Journal of FoodProducts Marketing, 1(2015): 1-14
[7] Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2012). Prinsip-prinsipPemasaran.Edisi 13.Jilid 1. Jakarta: Erlangga Kuncoro, Mudrajad, 2009. Metode Riset untuk
Bisnis dan Ekonomi.Erlangga :Bandung
[8] Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran, Edisi 2. Andi Offset. Yogyakarta.
[9] Rahmi, (2018). Pengaruh Label Halal Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah (Studi Pada Konsumen di Pajus Medan). Skripsi. Universitas Sumatra Utara.
[10]Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2008. Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi Ketujuh, Jilid 2, dialihbahasakan oleh Alexander Sindoro. Jakarta. Prenhallindo.
[11]Hartono, Jogiyanto. 2010. Metodologi Penelitian Bisnis : Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman. Edisi Pertama. BPFE. Yogyakarta.
[12]Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabet
[13]Supranto. 2012. Metode riset Alikasinya Dalam Pemasaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.
[14]Pratiwi, R. I. (2018). Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk, Brand Image, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi Kasus Pada Konsumen Produk Luwak White Koffie). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. https://doi.org/10.18041/2382-3240/saber.2010v5n1.2536
[15]Habibah, Ummu. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi & Bisnis, Hal 31-48, Volume 1, Nomor 1, Maret 2016.
Published
2021-05-30
How to Cite
Ismunandar, I., Muhajirin, M., & Haryanti, I. (2021). PENGARUH LABELISASI HALAL DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UMKM DI KOTA BIMA. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(1), 161-166. https://doi.org/10.47492/jip.v2i1.616
Section
Articles