ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KECANDUAN MENONTON YOUTUBE PADA ANAK

  • Siti Minakhul Ulya Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus
  • Irfai Fathurohman Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus
  • Deka Setiawan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus
Keywords: Penyebab Kecanduan, Kecanduan Anak & Youtube

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penyebab kecanduan menonton youtube pada anak. Faktor menonton youtube adalah suatu keadaan yang bisa menguntungkan atau merugikan yang timbul sebagai hasil dari suatu kebiasaan menonton youtube. Faktor menonton youtube adalah sebuah keadaan yang dilakukan terhadap kegiatan menonton youtube. Dampak dari menonton youtube yang berkelanjutan pada masa pandemi covid-19 ini menimbulkan efek yang buruk jika dilakukan terus menerus. Sehingga perlu adanya pengawasan yang tepat dari orang tua. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam melaksanakan penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Buaran Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara, dengan mengambil subjek orang tua anak dan anak yang menonton Youtube sebagai objek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penggunaan youtube didasari oleh kebutuhan individu masing-masing apalagi saat masa pandemi covid-19 pembelajaran dilakukan secara daring. Sehingga kesempatan anak menonton youtube semakin besar jika ini dilakukan secara terus menerus akan berakibat buruk pada anak

References

[1] Masruroh, S., Saputra, O. Oktaria, D. Utami, N., Kedokteran, F., Lampung, U., Lampuang, U. (2019. Hubungan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Blok Emergency Medicine pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Kedokteran Universitas The Relationship between Self Efficacy and Learning Outcome in Emergency Medicine Block of Final Year Medial Students in Med, 6, 20-24.
[2] Syarif, N. (2015) Pengaruh Perilaku Pengguna Smartphone Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMK TI Airlangga Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi. [Online] 3 (2), 213–227. Available from: http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1974.
[3] Putra, Asaas, dan Patmaningrum, Diah Ayu. 2018. Pengaruh Youtube di Smartphone terhadap Perkembangan Komunikasi Interpersonal Anak. Jurnal Penelitian Komunikasi, Vol. 21 No. 2. Bandung: BPPKI Bandung. Diakses dalam https://smartphone.researchgate.net/publication/330582024_Pengaruh_Youtube_di_Smartphone_Terhadap_Perkembangan_Kemampuan_Komunikasi_Interpersonal_Anak.
[4] Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan ( pendekatankunatitatif, kualitatif dan R&D).Bandung: Alfabeta
[5] Budiargo, Dian. 2015. Berkomunikasi Ala Net Generation. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
[6] Kuniarti Euis, dkk. 2020. Analisis Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5 No. 1 Page 241-256
[7] Janah, M. M., Fadhli, M., & Dian Kritiana. 2019. Hubungan Intensitas Menonton Youtube Dengan Perkembangan Sosisal Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Imiah Mahasiswa , hal 111-116.
Published
2021-05-30
How to Cite
Ulya, S., Fathurohman, I., & Setiawan, D. (2021). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KECANDUAN MENONTON YOUTUBE PADA ANAK. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(1), 89-94. https://doi.org/10.47492/jip.v2i1.607
Section
Articles