UJI ORANOLEPTIK DAN DAYA TERIMA PADA PRODUK MOUSSE BERBASIS TAPAI SINGKONG SEBEGAI KOMODITI UMKM DI KABUPATEN BANDUNG

  • Dendi Gusnadi Diploma Tiga Perhotelan, Universitas Telkom
  • Riza Taufiq Diploma Tiga Perhotelan, Universitas Telkom
  • Edwin Baharta Diploma Tiga Perhotelan, Universitas Telkom
Keywords: Uji Organoleptik, Mousse & Tapai Singkong

Abstract

Mousse adalah salah satu jenis produk dari patisserie yang biasanya disajikan untuk makanan pencuci mulut pada hidangan di restoran atau apada acara banquet ataupun coffe break dalam operasional hotel. Mousse sendiri adalah produk yang terbuat dari campuran coklat dan cream dengan memanfaatkan gelembung udara agar hasil akhir produk seperti busa, lembut, kental tergantung dengan penyajiannya. Tapai singkong adalah hasil fermentasi dari singkong yang memiliki rasa manis, mudah dijumpai dan diolah. Oleh sebab itulah yang melatar belakangi penelitian ini adalah pemanfaatan produk singkong yang dibuat tapai sebegai komoditi di Kabupaten Bandung menjadi produk mousse yang sebelum akan diproduksi secara masal di uji coba dulu baik organoleptic maupun daya terima kosumennya. Untuk resep sendiri pada penelitian ini menggunakan coklat putih sebagai bahan baku utamanya dengan tapai singkong sebagai subtitusi gula dan juga padatan lemak pada krim kocok. Untuk metode penelitian menggunakan metode eksperimental dengan jumlah seratus panelis umum atau tidak terlatih sebagai penguji daya terima konsumen dan dua puluh panelis terlatih sebagai penguji organoleptik. Diharapkan selain menjadi produk yang enak nantinya produk ini bisa menjadi produk yang sehat dan diterima oleh konsumen.

References

[1] Aziz, M. M. A., Yuliana, A. I., & Roosenani, A. (2019). Kajian Pengaruh Kombinasi Limbah Kulit Buah Pisang Raja Nangka (Musa paradisiaca L.) dan Tepung Tapioka pada Proses Pembuatan Kerupuk Kulit Buah Pisang terhadap Uji Organoleptik. AGROSAINTIFIKA, 2(1), 75-80.
[2] Cake, U. C. ANALISIS DAYA TERIMA KONSUMEN PADA PADA INOVASI PRODUK UNBAKED CHEESE CAKE BERBASIS TAHU SUTERA Oleh Dendi Gusnadi Universitas Telkom.
[3] Hasanah, H., Jannah, A., & Fasya, A. G. (2012). Pengaruh lama fermentasi terhadap kadar alkohol tape singkong (Manihot utilissima Pohl). Alchemy, 2(1), 68-79.
[4] Gusnadi, D. (2020). NUTRIFIKASI PRODUK ROTI MANIS (SWEET BREAD) DENGAN PENAMBAHAN KALE (BRASSICA OLERACEA VAR. SABELLICA). MEDIA BINA ILMIAH, 13(11), 1851-1856.
[5] Gusnadi, D. (2019). ANALISIS UJI ORGANOLEPTIK TAPAI SINGKONG PADA PRODUK COOKIES SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN EKSISTENSI TAPAI SINGKONG DI KOTA BANDUNG. Jurnal Akrab Juara, 4(5), 73-80.
[6] Paramita, Amirah. (2017). Avocado Mousse Cake. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.
Published
2021-05-29
How to Cite
Gusnadi, D., Taufiq, R., & Baharta, E. (2021). UJI ORANOLEPTIK DAN DAYA TERIMA PADA PRODUK MOUSSE BERBASIS TAPAI SINGKONG SEBEGAI KOMODITI UMKM DI KABUPATEN BANDUNG. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2883-2888. https://doi.org/10.47492/jip.v1i12.606
Section
Articles