PERSEPSI PESERTA PELATIHAN DASAR CPNS TERHADAP LAGU ANDAI KAU DATANG DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATERI ANEKA (AKUNTABILITAS, NASIONALISME, ETIKA PUBLIK, KOMITMEN MUTU DAN NASIONALISME)

  • Supriyono Supriyono Widyaiswara Badan Pengembangan Sumber daya Manusia Daerah Provinsi Jawa Tengah
Keywords: CPNS, Andai Kau Datang, Aneka & Persepsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif dan variasi metode pembelajaran akuntabilitas calon pegawai negeri sipil.melalui lagu Andai Kau Datang yang diciptakan oleh Tony Koeswoyo. Penelitian ini membahas perkembangan metode pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran orang dewasa pada materi Aneka dengan mengkaitkan  Lagu Andaikan Kau Datang karya dari musisi legendaris Koes Plus Tony Koeswoyo. Metode Penelitian dilakukan  pada Maret s.d. Agustus 2019. Hasil yang didapatkan adalah Sebaran usia responden adalah pada rentang 20 – 30 tahun yaitu mencapai 67,50%.  Diketahui bahwa sebanyak 62,50% peserta tidak mengetahui pencipta lagu Andai Kau Datang, Kemudian   sebanyak 90,00% peserta  tidak mengetahui makna dari syair lagu Andai Kau Datang. Hanya 2,50% peserta  menyatakan tidak ada hubungan antara lagu Andai Kau Datang dengan materi Aneka. Respons dari peserta terhadap lagu Andai Kau Datang  sangat sangat bervariasi,dimana pendapat peserta cukup beragam setelah lagu tersebut diperdengarkan, hampir mencapai 100,00%  peserta mempresepsikan lagu tersebut secara  positive thinking. Simpulan. Masih banyak generasi mileneal yang memahami dan mengerti lagu Andai Kau Datang, karya Tony Koeswoyo  yaitu  sekitar 95,00%  peserta menyatakan positive thinking terhadap lagu ini.  Sebanyak 92,50%  peserta menyatakan puas.

References

[1] Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bhumi Aksara.
[2] Bevaola K., Septiana D., Enda L.A. (2015). Akuntabilitas. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara RI.
[3] Elly Fatimah dan Erna Irawati. (2017). Modul Pelatihan Dasar Calon CPNS :Manajemen Aparatur Sipil Negara. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara RI.
[4] Koeswoyo, Y. (n.d.). Andai Kau Datang Kembali. 1970. -, Jakarta.
[5] M.K.Taylor. (2018). Xennials, a microgeneration in the workplace, Indsutrial and Commercial Training.
[6] Rhoma, I. (Director). (1976). Musik [Motion Picture].
[7] Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[8] Supriyono. (2020). Data primer terolah. Semarang.
[9] Tjutju Yuniarsih dan Muhammad Taufiq. (2017). Modul Pelatihan Dasar Calon PNS : Komitmen Mutu. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara RI.
[10] Wahyudi K, Nana Rukmana D W dan AmirImbarudin. (2014). Eika Publik. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara RI.
[11] Yudi Latief, Adi Suryanto dan Abdul Aziz Muslim. (2014). Nasionalisme. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara RI.
Published
2021-05-30
How to Cite
Supriyono, S. (2021). PERSEPSI PESERTA PELATIHAN DASAR CPNS TERHADAP LAGU ANDAI KAU DATANG DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATERI ANEKA (AKUNTABILITAS, NASIONALISME, ETIKA PUBLIK, KOMITMEN MUTU DAN NASIONALISME). Jurnal Inovasi Penelitian, 2(1), 83-88. https://doi.org/10.47492/jip.v2i1.604
Section
Articles