ANALISIS PERHITUNGAN REKENING LISTRIK DI MASYARAKAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE APLIKASI CATAT METER TERPUSAT

  • Irwanto Irwanto Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Analisis, Rekening Listrik & Catat Meter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses analisis perhitungan yang mempengaruhi dalam manajemen rekening pelanggan dengan menggunakan metode catat meter terpusat. Aplikasi catat meter terpusatdi PT. PLN (Persero) Distribusi Banten Area Cikupa. Dari proses rekening pelanggan tersebut dapat diketahui bahwa PT. PLN (Persero) Distribusi Banten Area Cikupa menangani kurang lebih 386.500 pelanggan masyarakat. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu menggunakan metode observasi dan wawancara secara terstruktur. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa aplikasi catat meter terpusat diimplementasikan untuk data pelanggan pada bulan Januari sampai Juli 2020.  Dalam analisis perhitungan tersebut didapat dari nomor rekening listrik pelanggan dihitung berdasarkan tarif dasar listrik tersebut. Jadi apabila sistem membaca umlah KWH sama dengan nol, rele akan tetap off dan sistem berada pada kondidi stand by.  

References

Persero, P. P. 2015. Standar Prosedur Pengoperasian (SOP) Aplikasi Catat Meter Terpusat. Jakarta: PT. PLN (Persero).
[2] Persero, P. 1994. Pedoman dan Petunjuk: Tata Usaha Pelanggan Manual 94 (TUL-MAN 94). Jakarta: PT. PLN.
[3] PLN (Persero), P. 2010. Petunjuk Penggunaan ACMT Fungsi II. Jakarta: PT. PLN Persero.
[4] Yulianto, H., & Zakaria, T. M. 2010. September). Sistem Aplikasi Penghitungan KWH Meter Online. Jurnal Sistem Informasi, 5, 179-191.
[5] Sony, A., Sulistyo, S., & Mustika, I. W. 2016. Rumusan Metode Deteksi Pencurian Listrik Memanfaatkan Perangkat WSN. UNNES, 107-114.
[6] Assegaff, Mohammad. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (StudiPada Perusahaan Penerbangan PT. Garuda di Kota Semarang). Jurnal Ekonomi dan Bisnis,Vol. 10 No. 2 Juli. Hal. 171- 186. Unisulla Semarang
[7] Dwi Puji Hariyanto. 2009 Analisis Koordinasi Over Current Relay dan Recloser Pada Sistem Proteksi Feeder Gardu Induk Semen Nusantara Cilacap. Universitas Gajah Mada , Yogyakarta
[8] Willy Tri Hardianto, Agung Suprojo, dan Bernardus Rettob. 2012. ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM PEMBAYARAN REKENING LISTRIK (Studi Pada Unit Pelayanan Pelanggan di Probolinggo). Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang dan Sekretaris DPRD Kabupaten Tual-Maluku Tenggara. Jurnal Reformasi, Volume 2, Nomor 2, Juli – Desember 2012.
[9] Yunarso, E. W., & Soelaiman, R. 2008. Analisis dan Desain Modul Pembacaan Meter, Billing dan Pembukuan Pelanggan pada Customer Management System (CMS) untuk Mendukung Pelayanan terhadap Pelanggan di PT PLN APJ Kediri. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi VIII.
[10] Diartono, D. A. 2007. Perancangan Aplikasi Sistem Billing untuk Warnet Prabayar. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK , 75-87.
[11] Kuntarto, G. P. 2011. Distribusi Data Listrik Pelanggan Melalui Sistem Informasi Berbasis Web. Ultimatics, Volume 3, Nomer 1.
[12] Asrizal, & Kamus, Z. 2013. Pengembangan Prototipe Sistem Pengukuran KWH Meter Digital Presisi Komunikasi Dua Arah Menggunakan Short Message Service Berbasis Mikrokontroler AT89S52 dan ATMEGA16. Pillar Of Physics, Vol. 1:92-101.
[13] Janahti, N., & Isharijadi. 2013. Analisis Penerimaan Pembayaran Listrik Pska Bayar dan Prabayar terhadap Pendapatan PT. PLN di Ngawi. ASSETS Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, Volume 2, Nomer 1.
[14] Essael, Henry. 1987.Consumer Behavior and Marketing Action. Fourth Edition PWS, KentPublishing Company. Boston.
[15] Engel, et. Al. 1992. Consumer Behavior. Six Edition, The Dryden Press. Chicago.
[16] Siti Maesaroh. 2006. Analisis perilaku konsumen dalam pemilihan susu formula di rumah sakit ibu dananak hermina jatinegara.
[17] Joko Ispraptono. 2009. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELANGGAN DALAM MEMBAYAR REKENING LISTRIK (Studi Kasus pada Pelanggan yang Menunggak di PT. PLN (Persero) APJ Surakarta). JURNAL SAINS PEMASARAN INDONESIA. Volume VIII, No. 2, September 2009, halaman 204 - 223. Universitas Diponegoro Semarang.
[18] Sony, A., Sulistyo, S., & Mustika, I. W. 2016. Rumusan Metode Deteksi Pencurian Listrik Memanfaatkan Perangkat WSN. UNNES, 107-114.
[19] Asrizal, & Kamus, Z. 2013. Pengembangan Prototipe Sistem Pengukuran KWH Meter Digital Presisi Komunikasi Dua Arah Menggunakan Short Message Service Berbasis Mikrokontroler AT89S52 dan ATMEGA16. Pillar Of Physics, Vol. 1:92-101.
[20] Kotler, Philip. 2012. Marketing Management: Analysis, Planning, Implentation and Control. 13th Edition, USA, Prentice Hall Inc.
[21] SPLN 64. 1985. Petunjuk Pemilihan dan penggunaan Fuse Cut Out pada Sistem Distribusi Tegangan Menengah, PT. PLN Jakarta
[22] Manik, Aditia Carlos. 2011. Implementasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG). Dalam Meningkatkan Kinerja pegawai Di Dinas Perhubungan propinsi Jawa Barat (suatu Studi kasus pada Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat).
[23] Andreani, Fransisca. 2010. Analisa Kualitas Layanan Bisnis Makanan dan Minuman Di Surabaya Ditinjau Dari Derajat Pemenuhan Kepuasan Konsumen.
[24] SPLN D3. 026. 2017. Spesifikasi Fuse Cut Out, PT . PLN Jakarta Selatan
[25] SPLN 64. 1985. Petunjuk Pemilihan dan penggunaan Fuse Cut Out pada Sistem Distribusi Tegangan Menengah, PT. PLN Jakarta
[26] PLN. 2010. Prosedur Pelayanan Listrik Prabayar. Jakarta: PT.PLN (Persero).
[27] Persero, P. 1994. Pedoman dan Petunjuk: Tata Usaha Pelanggan Manual 94 (TUL-MAN 94). Jakarta: PT. PLN.
[28] Pasolong, Harbani. 2012. Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
[29] Saputra, V. B, 2016. Analisis Gangguan Hubung Singkat Pada Sistem Tenaga Listrik Di KSO Pertamina Ep-Geo Cepu Indonesia Distrik 1 Kawengan Menggunakan ETAP 12.6, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
[30] Miles, M. B, Huberman, A. M., & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
[31] Anita Kurniawati, H., & Mohammad Fatkhurrokhman. 2018. Proses Pegelolaan Bisnis Rekening Pelanggan (Billing) dengan Aplikasi Catat Meter Terpusatdi PT. PLN (PERSERO) Distribusi Banten Area Cikupa. Laporan Praktik Industri. Universitas SultanAgeng Tirtayasa, FKIP. Kota Serang. Banten
[32] Markoni. 2015. Analisis Kepuasan Pelanggan PT PLN (Persero) Terhadap Proses Pemasangan Listrik Prabayar (Studi Kasus PT. PLN WS2JB Rayon Sukarami). Politeknik Negeri Sriwijaya. Jurnal Manajemen & Bisnis Sriwijaya Vol. 13 No.4 Desember 2015.
Published
2021-05-30
How to Cite
Irwanto, I. (2021). ANALISIS PERHITUNGAN REKENING LISTRIK DI MASYARAKAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE APLIKASI CATAT METER TERPUSAT. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(1), 47-58. https://doi.org/10.47492/jip.v2i1.601
Section
Articles