IMPLEMENTASI PROGRAM POSYANDU LANJUT USIA (LANSIA) DI RW I KELURAHAN POLOWIJEN (Studi Kasus Pada Pos Pelayanan Terpadu Lansia Kelurahan Polowijen Kecamatan Blimbing Kota Malang)

  • Siti Nur Ainiah Ilmu Administrasi Negara, Universitas Islam Malang
  • Afifuddin Afifuddin Ilmu Administrasi Negara, Universitas Islam Malang
  • Hayat Hayat Ilmu Administrasi Negara, Universitas Islam Malang
Keywords: Implementasi Kebijakan & Program Posyandu Lansia

Abstract

Posyandu lansia adalah suatu forum komunikasi, dan pelayanan kesehatan oleh masyarakat untuk masyarakat yang mempunyai nilai strategis untuk pengembangan sumber daya manusia khususnya lanjut usia. Program Posyandu Lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis implementasi kebijakan Posyandu Lansia di RW I Kelurahan Polowijen dan untuk mengetahui faktor yang dapat menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan implementasi kebijakan Posyandu Lansia di RW I Kelurahan Polowijen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program Posyandu Lansia di RW I Kelurahan Polowijen belum optimal, salah satu penyebabnya adalah kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya posyandu lansia sehingga berdampak pada rendahnya partisipasi lansia.

References

[1] Depkes RI. 2013. Pedoman Pembinaan Kesehatan Usia Lanjut Bagi Petugas Kesehatan II, Direktorat Jendral Pembinaan Kesehatan Masyarakat.
[2] Hayat. 2019. Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat(Studi Kebijakan UU No.10 Tahun 2017 Tentang Program Keluarga Harapan pada Desa Tamanasri 60 Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang).
[3] Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2004 Tentang Pelaksanaan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Lanjut Usia.
[4] Undang-Undang Dasar Nomor 13 Tahun 1998 tentang kesejahteraan lanjut usia.
[5] Undang-Undang Dasar Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Published
2021-05-24
How to Cite
Ainiah, S., Afifuddin, A., & Hayat, H. (2021). IMPLEMENTASI PROGRAM POSYANDU LANJUT USIA (LANSIA) DI RW I KELURAHAN POLOWIJEN (Studi Kasus Pada Pos Pelayanan Terpadu Lansia Kelurahan Polowijen Kecamatan Blimbing Kota Malang). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2861-2868. https://doi.org/10.47492/jip.v1i12.565
Section
Articles