PENGARUH EDUKASI KELAS IBU HAMIL TERHADAP KEMAMPUAN DALAM DETEKSI DINI KOMPLIKASI KEHAMILAN
Abstract
ABSTRAK
Masa kehamilan merupakan masa yang sangat penting, karena pada masa ini merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan janin selama sembilan bulan. Namun, tidak semua kehamilan akan menunjukkan tanda-tanda yang normal, ibu hamil dapat mengalami masalah serius tentang kehamilannnya. Salah satu upaya meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang deteksi dini komplikasi kehamilan yaitu melalui kelas ibu hamil. Kelas ibu hamil ini merupakan sarana untuk belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil dalam bentuk tatap muka dalam kelompok yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu mengenai kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, perawatan bayi baru lahir, sehingga melalui kelas ibu hamil diharapkan ibu hamil dapat memiliki kemampuan melakukan deteksi dini komplikasi selama kehamilan sehingga dapat menurunkan AKI. Penelitian dilaksanakan di wilayah kerja Puskesmas Tamalate Makassar dalam kurun waktu bulan Mei sampai Oktober 2018. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh edukasi pada kelas ibu hamil terhadap kemampuan dalam deteksi dini komplikasi kehamilan di wilayah kerja Puskesmas Tamalate Makassar. Penelitian ini menggunakan quasi experimen designs dengan rancangan one group pretest-postest. Analisis data yang digunakan adalah paired t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan pelaksanaan kelas ibu hamil terhadap kemampuan dalam deteksi dini komplikasi kehamilan dengan nilai p = 0,05. Disarankan kepada institusi/fasilitas kesehatan untuk lebih meningkatkan edukasi pelaksanaan kelas ibuhamil terhadap deteksi dini komplikasi kehamilan, persalinan, nifas dan bayi
Kata Kunci : Edukasi pada kelas ibu hamil, kemampuan deteksi dini komplikasi kehamilan.
References
1.Jannah. (2012). Konsep Dokumentasi Kebidanan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Medika.
2.Kementerian Kesehatan RI. (2015). Profil Kesehatan Indonesia 2014. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
3.Kementerian Kesehatan RI. (2015). Profil Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan 2014. Sulawesi Selatan: Dinkes Propinsi Sulawesi Selatan.
4.Kementerian Kesehatan RI. (2011). Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI
5.Manuaba Ida Ayu Chandraita, S. d. (2008). Gawat Darurat Obstetri-Ginekologi & Obstetri-Ginekologi Sosial untuk Profesi Bidan (Vol. I). (M. Ester, Penyunt.) Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
6.Milman Yusdi. (2010). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar. Harapan. Made Suarsana.
7.Notoatmodjo, S. (2011). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
8.Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.
9.Nurhayati. (2012). Kelas Ibu Hamil serta langkah-langkah kelas ibu hamil. http://ningindahkelasibuhamil.blogspot.co.id/2014/06/kelas-ibu-hamil-serta-langkah-langkah.html. di Akses tanggal 20 Februari 2018.
10.Nuryawati. (2016). hubungan kelas ibu hamil dengan pengetahuan ibu hamil tentang tanda-tanda bahaya kehamilan di Desa Surawangi Wilayah UPTD Puskesmas Jatiwangi Kabupaten Majalengka. http://jurnal.ibijabar.org/wp-content/uploads/2017/05/Hubungan-Kelas-Ibu-Hamil-dengan-Pengetahuan-Ibu-Hamil-tentang-Tanda-Tanda-Bahaya-Kehamilan-di-Desa-Surawangi-Wilayah-Kerja-UPTD-Puskesmas-Jatiwangi-Kabupaten-Majalengka-Tahun-2016.pdf. di Akses 23 Februari 2018.
11.Prawirohardjo Sarwono, S. d. (2010). Ilmu Kebidanan Sarwono Prawirohardjo (Vol. III). (M. S. Prof. dr. Abdul Bari Saifuddin, Penyunt.) Jakarta: PT. Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
12.Wawan A, Dewi M.. (2010). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Jakarta: Nuha Medika.
13.Wijayanti. (2012). Efektifitas kelas ibu hamil terhadap deteksi dini tanda bahaya kehamilan di Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=179238&val=426&title. Di Akses tanggal 25 Februari 2018.
Copyright (c) 2021 Jurnal Inovasi Penelitian
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.