PENGARUH TINGKAT KESEJAHTERAAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 TOLITOLI

  • Ansyari Ansyari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madako Tolitoli
Keywords: Kesejateraan, Keluarga, Prestasi & Belajar

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Tingkat Kesejahteraan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 3 Tolitoli”. Kesejahteraan keluarga merupkan hal yang dapat menunjang prestasi belajar anak karena selain untuk memenuhi kebutuhan umum anak juga memenuhi kebutuhan penunjang dalam belajar. Sehubungan dengan ini peneliti ingin mengetahui pengaruh tingkat kesejahteraan keluarga terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 3 Tolitoli Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh tingkat kesejahteraan keluarga terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 3 Tolitoli ?. Teknik yang digunakan dalam memperoleh data adalah teknik Observasi, Interviw dan angket. Untuk data angket dianalisis dengan melalui Reduksi data, Penyajian data, Pengolahan Data, dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 3 Tolitoli yang berjumlah 817 dengan menggunakan teknik claster random sampling dan menetapkan kelas VIII F yang berjumlah 37 siswa sebagai sampel dalam penelitian ini. Berdasarkan uraian dan analisa data dalam penelitian ini maka dapatlah kesimpulan bahwa Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi sebesar Y = 69,79 - 0,18 X dimana tiap kenaikan satu satuan kesejahteraan keluarga mengurangi prestasi belajar sebesar 0,18 satuan. Hal ini diperkuat dengan hasil uji hipotesa regresi,  t hitung = -0,898 <  t tabel  =  1,645  dengan tingkat sinifikan α = 0,05 maka Ho ditolak dan Hi diterima berarti kesejahteraan keluarga berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar siswa. Hasil penelitian dengan menggunakan analisa korelasi menunjukkan bahwa kenaikan peranan kesejahteraan keluarga secara umum berpengaruh negatif sebesar 2,4 % terhadap Prestasi belajar siswa SMP Negeri 3 Tolitoli.

References

[1] Hamalik, 1985, Konsep Belajar, Balai Pustaka, Jakarta
[2] Nasution, S., 1985, Sosiologi Pendidikan, Bandung, Jemmars
[3] Bambang Sugono, 2001, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, Tarsito
[4] Natawidjaya, R., 1989, Penerapan Bimbingan Terhadap Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung Abordin.
[5] Nawawi, 1980.
[6] Poerwadarminta, W.J.S, 1987, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka
[7] Shertzer, B. Stone, S.C, 1981, Fundamental of Guidance, New York, Houghton Mifllin Company.
[8] Sukardi K., 1983, Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di Sekolah, Surabaya, Usaha Nasional
[9] Suryabrata S., 1982, Psikologi Belajar, Jakarta, Rajawali
[10] Wojowasito S., 1995, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Bandng, Shinta Dharma
Published
2021-04-28
How to Cite
Ansyari, A. (2021). PENGARUH TINGKAT KESEJAHTERAAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 TOLITOLI. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2791-2804. https://doi.org/10.47492/jip.v1i12.543
Section
Articles