ETIKA ADMINISTRASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR DESA MALALA KECAMATAN DONDO KABUPATEN TOLITOLI

  • Daniati Hi Arsyad Universitas Madako Tolitoli
Keywords: Etika Administrasi & Peningkatan Pelayanan

Abstract

Pelayanan yang berkualitas tentunya akan menciptakan kepuasan tersendiri terhadap Masyarakat, yang pada akhirnya tentu memberikan banyak manfaat. Seperti, terjalinnya hubungan yang harmonis dan akrab antara pemerintah dengan masyarakat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana etika administrasi dalam meningkatkan pelayanan pada kantor desa malala kecamatan dondo kabupaten tolitoli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui etika administrasi dalam meningkatkan pelayanan pada kantor desa malala kecamatan dondo kabupaten tolitoli. Penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, ada Sembilan informan yaitu: Masyarakat empat dan aparat Desa Lima. Adapun hasil penelitian yaitu pemaparan data dan informasi yang peneliti dapatkan dari lapangan yang kemudian disesuaikan dengan teori yang digunakan dalam penelitian ini. Teori yang digunakan adalah Etika Administrasi menurut Pasolong (2010: 202) dengan indikator: Efisiensi, Efektivitas, Kualitas layanan, Responsivitas dan Akuntabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efisien, hasil kerja dari pegawai di Kantor Desa Malala Kecamatan Dondo Kabupaten Tolitoli cukup baik, meskipun masih ada tuntutan untuk para pegawai harus mengupayakan pemanfaatan fasilitas dengan baik. Efektivitas, pegawai Kantor Desa Malala Kecamatan Dondo Kabupaten Tolitoli belum sepenuhnya baik, karena masih adanya jenis pekerjaan yang membutuhkan tenaga teknis (yang sesuai ahlinya). Kualitas layanan, berdasarkan data yang diperoleh bahwa indikator kualitas layanan belum sepenuhnya baik, karena masih ada pegawai yang tidak datang tepat waktu ke kantor. Serta Responsivitas, pegawai Kantor Desa Malala Kecamatan Dondo Kabupaten Tolitoli belum sepenuhnya baik, karena masih ada pegawai yang kurang tanggap pada masyarakat sehingga banyak urusan masyarakat tidak terselaikan dan terkendala pada pelayanan. Sedangkan Akuntabilitas, hasil kerja dari pegawai Kantor Desa Malala Kecamatan Dondo Kabupaten Tolitoli sudah baik, karena pegawai sangat terbuka saat masyarakat membutuhkan informasi.

References

[1] Ahmad Jamaluddin. 2015. Metode Penelitian Administrasi Publik Teori dan Aplikasi. Gava Media. Yogyakarta.
[2] Anggara Sahya. 2019. Ilmu Administrasi Negara Kajian Konsep, Teori, dan Fakta dalam Upaya Menciptakan Good Governance. Pustaka Setia. Bandung.
[3] Idrus Muhammad. 2007. Metode Penellitian Ilmu-Ilmu Sosial. Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. UII Press. Yogyakarta.
[4] Kumorotomo Wahyudi. 2018. Etika Administrasi Negara. Rajawali Perss. Jakarta.
Published
2021-04-28
How to Cite
Arsyad, D. (2021). ETIKA ADMINISTRASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR DESA MALALA KECAMATAN DONDO KABUPATEN TOLITOLI. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2783-2790. https://doi.org/10.47492/jip.v1i12.542
Section
Articles