FAKTOR-FAKTOR EKOLOGI ADMINISTRASI DALAM SISTEM PEMERINTAHANAN DAERAH

  • Hilman Fitrian Akbar UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hukman Faathir Turmuji UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Melania Dwi Lestari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Abdul Jabbar UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Abdal Abdal UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Keywords: Faktor Ekologi, Administrasi Publik & Pemerintahan Daerah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami faktor - faktor ekologi dalam administrasi publik khususnya di dalam konteks pemerintahan daerah (Studi Kasus di Kecamatan Dau, Kabupaten Malang).. Faktor ekologi seperti sosial budaya, agama, politik, ekonomi, hukum, dan pertahanan keamanan sangat berperan penting dalam Administrasi maupun pada sistem pemerintahan daerah. Masalah penelitian ini adalah suatu faktor ekologi terhadap sistem pemerintahan daerah. Peneliti mengambil salah satu faktor ekologi yang akan menjadi penelitian yaitu factor agama.  Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi dan kepustakaan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pelaksanaan administrasi publik dalam konteks pemerintahan daerah sangat diperlukan kemapanan dari administrasi publik dalam menghadapi perubahan dari faktor faktor ekologi  sehingga menimbulkan kestabilan dalam pelaksanaan administrasi negara itu sendiri.

References

[1] Aridhaya. M. Rendi. 2018. Peran Pemerintah Daerah Dalam Pelaksanaan Pemerintahan Yang Baik Di Bidang Pembinaan Dan Pengawasan Indikasi Geografis. Universitas Surya Kencana. Cianjur
[2] Engkus, E. (2017). Administrasi Publik dalam Perspektif Ekologi. JISPO Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 7(1), 91-101.
[3] Fakhsiannor. 2016. Analisis Faktor Ekologi terhadap Administrasi Negara dalam Transformasi Administrasi Modern. Banjarmasin: UNISKA.
[4] Iqbal. Muhammad. 2018. Ekologi Administrasi Negara. Administrasi Publik. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi. Tabalong.
[5] Kasmawati. 2018. Pengaruh Etika Pelayanan Dalam Perspektif Islam Terhadap Kepuasaan Wajib Pajak Pada Kantor Samsat Di Kabupaten Wajo. Ekonomi Islam. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. UIN Alauddin, Makassar.
[6] Muliyanti. Risna. 2015. Pertumbuhan Ekologi Administrasi Negara. https://risnamuliyanti.blogspot.com
[7] Nau, Y.M, Dkk. 2012. Peran Etika Dalam Pelayanan Publik Sesuai Pembangunan Daerah. JISIP. Vol 1(1).
[8] Palijama, F. 2014. Faktor Ekologis dalam Administrasi Negara dengan Pelayanan Publik. Ambon: STIA Alazka.
[9] Ririhena, Samel W. 2017. Faktor Ekologi Administrasi Negara dalam Konteks Pemerintahan Daerah. Merauke: Universitas Musamus.
[10] Sondang P. Siagian. 1976. Administrasi dan Pembangunan. Jakarta: Gunung Agung.
[11] Engkus, E. (2013). Desentralisasi (Teori yang Baik dengan Praktek yang buruk). JISPO Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, (4), 1-16.
Published
2021-04-28
How to Cite
Akbar, H., Turmuji, H., Lestari, M., Jabbar, M., & Abdal, A. (2021). FAKTOR-FAKTOR EKOLOGI ADMINISTRASI DALAM SISTEM PEMERINTAHANAN DAERAH. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2751-2760. https://doi.org/10.47492/jip.v1i12.538
Section
Articles