PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN JURUSAN AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK MELALUI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DIGITAL

  • Theresia Siwi Kartikawati Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak
  • Tashadi Tarmizi Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak
  • Elsa Sari Yuliana Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak
  • Bob Mustafa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak
  • Endang Kusmana Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak
  • Khamim Khamim Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak
Keywords: SLIMS, Peningkatan Kualitas & Pelayanan Perpustakaan

Abstract

Keberadaan perpustakaan di perguruan tinggi merupakan hal yang sangat penting. Sebagai perpustakaan akademik, perpustakaan perguruan tinggi berperan dalam menunjang pelaksanaan program perguruan tinggi sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat. Untuk itu tugas perpustakaan di perguruan tinggi adalah menyusun kebijakan dan melakukan kegiatan mengadakan, mengolah, menyimpan, menyajikan dan menyebarluaskan informasi yang menunjang pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat bagi keperluan civitas akademika. Penelitian ini mengembangkan sistim digitalisasi pelayanan Perpustakaan dengan menggunakan Senayan Library Management System (SLiMS) yang mengintegrasikan perkembangan tehnologi informasi ke dalam sistim pelayanan Perpustakaan Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak. Tujuan dari penelitian adalah sistim digitalisasi perpustakaan dapat meningkatkan kualitas pelayanan bagi para pengguna perpustakaan. SLiMS (Senayan Library Management System) yaitu  sistem automasi perpustakaan sumber terbuka (open source) berbasis web yang pertama kali dikembangkan dan digunakan oleh Perpustakan Kemendikbud. Aplikasi ini digunakan untuk pengelolaan koleksi tercetak dan terekam yang ada di perpustakaan.Dengan diintegrasikannya teknologi informasi dalam administrasi perpustakaan, pustakawan akan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi bagi para pengguna perpustakaan. Penelitian ini menghasilkan modifikasi sistim digitalisasi perpustakaan jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak menggunakan Senayan Library Management System (SLiMS) yang siap digunakan dan sudah dilakukan uji coba yang berjalan dengan baik. Target luaran yang dapat dicapai pada pelaksanaan Penelitian Institusi ini ini adalah : 1. Penerapan sistim pelayanan perpustakaan Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak yang terkomputerisasi. 2. Hasil penelitian akan diikutsertakan dalam Simposium Akuntansi Nasional Vokasi (SNAV) tahun 2021. 3.       Hasil penelitian akan dimuat di jurnal terakreditasi nasional, yaitu Jurnal Manajemen Pelayanan Publik.

References

[1] Dewi Purboningsih, M.R.Khairul Muluk, Irwan Noor1, 2014. Peningkatan Kualitas Pelayanan Perpustakaan Umum Melalui Pendekatan Sistem Lunak (Soft System) (Studi Pada Perpustakaan Umum Kota Kediri), Wacana Vol 17, No 3, halaman 106-118.
[2] Irsan Elnadi, 2018, Upaya Meningkatkan Layanan Pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu, JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi) Vol. 3 No. 2, halaman 203-214.
[3] Listina Setyarini, Wisnu Ananta Kusuma, Sri Wahjuni, 2015, Perencanaan Strategis Layanan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi, Jurnal Pustakawan Indonesia Vol 14, No 2.
[4] Rahayuningsih. 2007. Pengelolaan Perpustakaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[5] Taufiq Kurniawan, 2016, Peran Perpustakaan Perguruan Tinggi Dalam Mengembangkan Repositori Institusi, Jurnal Pustaloka, Volume 8 No 2, halaman 231-243.
[6] Wahyu Supriyanto. (2008). Teknologi Informasi Perpustakaan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius
Published
2021-04-28
How to Cite
Kartikawati, T., Tarmizi, T., Yuliana, E., Mustafa, B., Kusmana, E., & Khamim, K. (2021). PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN JURUSAN AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK MELALUI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DIGITAL. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2647-2654. https://doi.org/10.47492/jip.v1i12.528
Section
Articles