EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 MANADO

  • Jourike Jeane Runtuwarouw Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Manado
Keywords: Quantum Teaching & Hasil Belajar Bahasa Jepang

Abstract

Pada penelitian akan menguraikan cara-cara baru dalam memudahkan proses belajar mengajar, lewat pemaduan unsur seni dan pencapaian-pencapaian yang terarah, melalui pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada  tidaknya  perbedaan yang signifikan hasil belajar bahasa Jepang antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode Quantum Learning dan yang diajar tanpa menggunakan metode Quantum Teaching; (2) efektifitas penerapan metode Quantum Teaching terhadap hasil belajar bahasa Jepang siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model dua kelompok (two group), dimana yang satu sebagai kelompok eksperimen dan satu kelompok lainnya sebagai kelompok kontrol. Rancangan perbedaan rata-rata skor pasca test dengan praktek untuk setiap kelas/kelompok dibandingkan.Untuk menentukan apakah perlakuan eksperimen menghasilkan perubahan yang lebih besar dari situasi kontrol dan perbedaan perubahan rata-rata dengan analisis statistik uji-t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan antara penerapan metodel pembelajaran Quantum Teaching dengan pembelajaran tanpa model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar bahasa Jepang siswa kelas XI SMA Negeri 9 Manado dan uji efektivitas diperoleh bahwa pembelajaran dengan metode pembelajaran Quantum Teaching lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan metode pembelajaran Quantum Teaching.

References

[1] Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada
[2] Arikunto, Suharsini. 1993. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
[3] Dale E, 1969. Audio Visual Methos in Teaching New York : The Dryden Press. Holt. Rinehrt and Winston. Inc.
[4] Hamalik, Oemar 1986. Media Pendidikan. Alumni: Bandung
[5] Isao Iori, I. 2001. Atarashi Nihongo Gaku Nyuuman. Tokyo: Three Network
[6] Latuhera Jhon. 1988. Media Pengajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
[7] Rinanto, 1982. Peran Media Audiovisual dalam Pendidikan. anisius: Jogjakarta
[8] Sardiman A.S. 2000.Media Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo
[9] Sudjana. 1996. Metode Statistika. Tarsito: Bandung
[10] Sutedi, D. 2003. Dasar-Dasar Linguistik Bahasa Jepang (edisi revisi). Bandung: Humaniora
[11] Yoshida, Y. Alih bahasa, I Ketut. S .1989. Bahasa Jepang Modern. Jakarta : Erlangga
[12] Yohikawa, T. 1989. Nihongo Bunpo Nyuumon. Yokyo : ALC
[13] Yamamoto, N. 1994. Shin Nihon Go no Kiso 2 : The Association for Overseas Technical Scholarship
Published
2021-04-18
How to Cite
Runtuwarouw, J. (2021). EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 MANADO. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2249-2254. https://doi.org/10.47492/jip.v1i11.510
Section
Articles