A LITERATURE REVIEW ON SMART CITY AND SMART TOURISM
Abstract
Smart city merupakan suatu konsep kota yang sudah menerapkan sistem informasi, komunikasi dan teknologi (ICT) untuk membangun infrastruktur sehingga akan terciptas kecerdasan di masyarakatnya. Dalam perkembangan sistem ICT yang telah diterapkan disuatu kota pintar (smart city) mulai memasuki kedalam segala aspek kehidupan salah satunya di Industri pariwisata yang mulai menerapkan ICT dalam membangun jaringan infrastruktur pariwisata dan terbentuk menjadi Smart tourism. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, tujuan dari artikel ini adalah untuk mengkaji literatur yang berkaitan dengan smart city dan smart tourism serta ketarkaitan keduanya berupa jurnal dan buku. Dalam artikel jurnal ini mengkaji lebih dalam mengenai hubungan konsep smart city dan smart tourism sehingga membentuk destinasi wisata pintar. Hasil penelitian menujukan bahwa smart city merupakan dasar atau tahap awal untuk membentuk jaringan berupa smart tourism. Penelitian ini akan membantu untuk memahami smart city yang saat ini mulai diterapkan dibeberapa kota didunia khususnya di Eropa yang merupakan awal dari munculnya kota pintar yang memiliki nilai keberlanjutan dan pada akhirnya akan mengarah ke tujuan yang disebut smart tourism, sehingga sistem tersebut bisa diterapkan di Negara- Negara berkembang.
References
[2] Boes, K., Buhalis, D., Inversini, A., Boes, K., Buhalis, D., & Inversini, A. (2016). Smart tourism destinations : ecosystems for tourism destination competitiveness. Emerald Insight, 2(2), 108–124. https://doi.org/10.1108/IJTC-12-2015-0032
[3] Boes, K. et all. (2015). Conceptualising Smart Tourism Destination Dimensions. Springer International Publishing Switzerland, 10, 391–403.
[4] Buhalis, D. (2020). Technology in tourism-from information communication technologies to eTourism and smart tourism towards ambient intelligence tourism: a perspective article. Tourism Review, 75(1), 267–272. https://doi.org/10.1108/TR-06-2019-0258
[5] Buhalis, D., & Amaranggana, A. (2014). Smart Tourism Destinations. Springer International Publishing Switzerland, 553–564. https://doi.org/10.1007/978-3-319-03973-2
[6] Gajdošík, T. (2018). Smart Tourism: Concepts and Insights from Central Europe. Czech Journal of Tourism, 7(1), 25–44.
[7] Gretzel, U., Sigala, M., Xiang, Z., & Koo, C. (2015). Smart tourism: foundations and developments. Springer, 25, 179–188.
[8] Harrison, C., Ekman, B., Hamilton, R., Hartwick, P., & Kalagnanam, J. (2010). Foundations for Smarter Cities. IBM Journal of Research and Development, 54(4).
[9] Jasrotia, A. (2018). Smart Cities & Sustainable Development: A Conceptual Framework. Asian Journal of Research in Business Economics and Management, 8(2), 42–50.
[10] Jasrotia, A., & Gangotia, A. (2018). Smart Cities To Smart Tourism Destinations: A Review Paper. Journal of Tourism Intelligence and Smartness, 1(1), 47–56.
[11] Jovicic, D. Z. (2017). From the traditional understanding of tourism destination to the smart tourism destination. Current Issues in Tourism, 22(3), 276–282. https://doi.org/10.1080/13683500.2017.1313203
[12] Khadijah, S. A. R. (2019). Implementasi Smart Tourism Dalam Meningkatkan Pengalaman Wisatawan Milenial Di Kota Bandung. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.
[13] Kulualp, H. G. (2020). Smart Tourism, Smart Cities, and Smart Destinations as Knowledge Management ToolsNo Title. ResearchGate, 4.
[14] Lee, P., Hunter, W. C., & Chung, N. (2020). Smart Tourism City : Developments and Transformations. Journal Sustainablitiy, 12, 1–15.
[15] Li, Y., Hu, C., Huang, C., & Duan, L. (2016). The concept of smart tourism in the context of tourism information. Tourism Management, 1–8. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2016.03.014
[16] Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
[17] Tanzeh, A. (2011). Metodologi Penelitian Praktis. Teras.
[18] Vasavada, M., & Padhiyar, Y. (2016). “ Smart Tourism ”: Growth for Tomorrow. Journal For Research, 01(12), 55–61.
[19] Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4.0. JURNAL PARIWISATA BUDAYA, 3(2), 81–92.
[20] Xiang, Z. (2017). Analytics in Smart Tourism Design. Springer International Publishing Switzerland.