TINGKAT MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX SMPN 11 KOTA SUNGAI PENUH

  • Niko Reski Bimbingan dan Konseling, STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh
Keywords: Minat belajar, Siswa Kelas IX & SMPN 11 Kota Sungai Penuh

Abstract

Minat belajar diperlukan dalam proses belajar agar siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Tingkat minat belajar yang dimiliki siswa berbeda pada masing-masing siswa yang disebabkan faktor-faktor yang mempengaruhinya, seperti perasaan senag, ketertarikan, perhatian dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran di SMPN 11 Kota Sungai Penuh ditemukan beberapa permasalahan berkaitan dengan minat belajar siswa. Tujuan penelitian yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk deskripsikan tingkat minat belajar siswa kelas IX SMPN 11 Kota Sungai Penuh. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas IX SMP Negeri 11 Kota Sungai. Sampel ditentukan dengan teknik total sampling. Jadi yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 57 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket minat belajar siswa model skala Likert. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian diperoleh tingkat Minat belajar siswa di SMP Negeri 11 Sungai Penuh pada kategori tinggi sebanyak 9 orang siswa atau 15,79%, minat belajar siswa pada kategori sedang 41 orang siswa atau 71,93%, minat belajar siswa pada kategori rendah sebanyak 7 orang atau 12,28%, sedangkan pada kategori sangat tinggi dan sangat rendah tidak ada. Minat belajar siswa yang berkaitan dengan perasaan senang sebesar 36,71%, ketertarikan sebesar 82,53%, perhatian sebesar 72,84% dan keterlibatan 45,40%. Untuk itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkankan minat belajar siswa di SMP Negeri 11 Sungai Penuh dengan meningkatkan perasaan senang dan keterlibatan siswa dalam proses belajar di sekolah

References

[1] Anas Sudijono. 2011. Evaluasi Pedidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[2] Iin Soraya. 2015. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Jakarta dalam Mengakses Fortal Media Jakarta Smart City. Jurnal Komunikasi. Vol VI No 1, 10:23. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/download/2458/1694
[3] Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok Dan Konseling Kelompok. Padang: Universitas Negeri Padang.
[4] Yohanes Eka Puspawan dan Tritjahjo Danny Soesilo. 2019. Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas IX melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di SMP Kristen 1 Salatiga. Jurnal Mimbar Ilmu, Vol 24, No 1, 1:6. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/17455/10486.
[5] Ria Yunitasari dan Umi Hanifah, 2020. Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 2 No 3, 232:243. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
[6] Ricardo dan Rini Intansari Meilani. 2017. Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 2 No. 2, 188-201. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000
[7] Rike Andriani dan Rasto. 2019. Motivasi Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 4 No. 1, 80-86. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper
[8] Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
[9] Siti Nurhasanah dan Sobandi. 2016. Minat Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 1 No. 1, 128:135. http://ejournal.upi.edu/index.php/.
[10] Siti Maesaroh. 2013. Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Vol. 1 No. 1, 150:162. https://media.neliti.com/media/publications/104663-ID-peranan-metode-pembelajaran-terhadap-min.pdf
Published
2021-03-29
How to Cite
Reski, N. (2021). TINGKAT MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX SMPN 11 KOTA SUNGAI PENUH. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2485-2490. https://doi.org/10.47492/jip.v1i11.496
Section
Articles